Sabtu, 23 Februari 2019

Ilustrasi (foto: Internet)

politik | Kamis, 6 Desember 2018 | Dibaca: 138
Campur Tangan Pusat Pemilihan Rektor UNRI, Ini Kata Husaimi Hamidi

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Adanya campur tangan pemerintah pusat dalam pemilihan Rektor Universitas Riau (UNRI) yang baru, amat disayangkan Anggota DPRD Riau dari Fraksi PPP, Husaimi Hamidi.

"Menurut saya, ini saya sudah memasuki unsur politik dengan adanya campur tangan yang terlalu dalam dari pusat dalam hal ini Menristekdikti," ujar Husaimi Hamidi, Kamis, 06 Desember 2018.

Jika sudah masuk ranah polotik, sambung legislator asal dapil Rohil ini, jadi susah dan begini jadinya. "Seharusnya percampuran tangan pemerintah pusat atau Kementerian terkait jangan terlalu jauh. Cukup dalam menyetujui apa yang sudah diusulkan oleh pihak UR dalam pemilihan yang dilakukan. Tapi bagaimana lagi, penunjukan harus oleh Kementerian Pendidikan dari tiga nama yang diusulkan pihak Universitas," katanya.

Disampaikan juga oleh Anggota Komisi V DPRD Riau ini, kebijakan seperti ini menurutnya sangat bertentangan dengan daerah otonom. Campur tangan pemerintah pusat masih jauh terlibat dalam urusan daerah terutama kebijakan di universitas. Seharusnya hal seperti ini biarlah jadi ranah universitas bersangkutan dalam pemilihannya. Pusat hanya tinggal memberikan persetujuan.

"Yang tahu kondisi dan siapa yang dipilih dan merasakan orang yang duduk jadi rektor itu adalah Universitas Riau. Jadi sudah seharusnyalah pihak universitas yang menentukan. Saya rasa pihak Univetsitas Riau sudah sangat dewasa dalam oenentuanbsiapa yang jadi pemimpinya untuk empat tagun je depan," kata Dapil Rokan Hilir ini.

Sebagaimana yang dimaklumi, masa jabatan Rektor yang sekarang, Aras Mulyadi sudah habis sejak terhitung mulai tanggal 9 September 2018 lalu.

Hingga saat ini belum ada penggantinya, proses pemilihan yang dilakukan masih berlarut-larut. Tiga nama calon Rektor yang sudah diajukan Ke Menristekdiktu adalah Aras Mulyadi, Deni Elfizon dan Zulkarnain. (mediacenterriau)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Kamis, 21 Februari 2019
Sabtu, 19 Januari 2019
Kamis, 17 Januari 2019
Kamis, 17 Januari 2019
Rabu, 16 Januari 2019

HUKRIM
Kamis, 21 Februari 2019
Selasa, 19 Februari 2019
Selasa, 19 Februari 2019
Selasa, 19 Februari 2019
Senin, 18 Februari 2019