Rabu, 24 April 2019

Sambutan dari Kapolres Kampar menyampaikan bahwa tugas kita tahun ini lebih berat karena selain menjaga kamtibmas kita juga harus mengamankan pesta demokrasi.

kampar | Kamis, 31 Januari 2019 | Dibaca: 95
Jelang Pemilu 2019, Forkompinda Gelar Apel Sinergitas 3 Pilar

TAPUNG, RIDARNEWS.COM - Jelang Pemilu tahun 2019, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kampar memimpin upacara Apel Sinergitas 3 Pilar dilapangan sepakbola Jayaraga Desa Petapahan Jaya, Kecamatan Tapung, Kamis (31/1/2019) sekira pukul 10.00 WIB.

Ini dalam rangka mewujudkan Pemilihan legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Kampar.

Bertindak selaku Pimpinan Apel Plt. Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH didampingi Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH, Dandim 0313/ KPR Letkol Inf. Aidil Amin SIP dan Kajari Kampar Dwi Antoro MH.

Hadir pada Apel Sinergitas 3 Pilar ini Kabag Ops Polres Kampar Kompol Franky Tambunan ST dan Kasat Binmas AKP Ratip, juga hadir Upika Kecamatan Tapung, Tapung Hulu dan Tapung Hilir.

Peserta Apel terdiri dari para Kepala Desa di Wilayah Tapung Raya yang meliputi Kecamatan Tapung, Tapung Hulu dan Tapung Hilir, Bhabinkamtibmas Rayonisasi Tapung dan Babinsa Koramil 016/ Tapung.

Dalam sambutan Plt. Bupati Kampar mengajak semua stakeholders untuk bersinergi dalam menjaga keamanan serta kerukunan masyarakat.

Selain itu, Plt. Bupati juga memerintahkan para Camat termasuk Kepala Desa untuk bersinergi dan berkordinasi dengan unsur-unsur yang ada di kewilayahannya masing-masing, untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan sejuk di Kabupaten Kampar.

Sambutan dari Kapolres Kampar menyampaikan bahwa tugas kita tahun ini lebih berat karena selain menjaga kamtibmas kita juga harus mengamankan pesta demokrasi.

Aset terbesar kita adalah persatuan, kesatuan dan kebersamaan, diibaratkan sebuah bangunan bila pilarnya kuat maka kuatlah bangunan itu.

Untuk itu mari terus pelihara kekompakan dan sinergitas dengan semua komponen, bila ada permasalahan agar dikedepankan musyawarah karena inilah salahsatu peran dari 3 pilar ini.

"Saya tegaskan netralitas harus tetap dijaga, dengan netralitas inilah kita bisa melaksanakan tugas dengan baik," jelasnya.

"Yakinlah bahwa setiap permasalahan pasti ada solusinya", ucapnya.

Dalam arahannya Dandim menyampaikan tentang filosofi 3 Pilar yang merupakan faktor kunci kekuatan sebuah bangunan, pilar haruslah sama tinggi sebab bila satu saja berbeda maka bangunan akan mudah runtuh.

"Filosofi ini mengandung makna bahwa setiap komponen harus bersinergi dan bila ada permasalahan agar diselesaikan dengan bijak," jelasnya.

Beliau juga menyampaikan pesan untuk masyarakat melalui peserta Apel 3 Pilar ini terkait dengan pelaksanaan Pemilu, jangan sampai karena ketidaktahuan dengan perUndang-undangan Pemilu, menyebabkan masyarakat tersangkut perkara tindak pidana pemilu yang sangsinya sangat berat.

Salahsatu kasus yang sering terjadi adalah memilih lebih dari satu kali, hal ini perlu disampaikan dan disosialisasikan terus kepada masyarakat, bahwa setiap pemilih hanya memiliki satu hak suara, jelasnya.

Selanjutnya dilakukan Pembacaan Ikrar oleh Perwakilan Babinsa dan diikuti peserta apel, berikut petikan Ikrar yang dibacakan :

Ikrar 3 Pilar dalam rangka mewujudkan Pileg dan Pilpres 2019 yang aman, damai dan sejuk.

1. Bersama menjaga keutuhan NKRI dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

2. Mendukung suksesnya Pemilu 2019 tanpa Hoax, Politisasi Sara dan Politik Uang.

3. Tidak memaksakan kehendak dalam menentukan pilihan dan menghindari konflik antara calon pemilih dengan upaca pencegahan.

4. Senantiasa mengobarkan semangat kebersamaan ditengah perbedaan, dengan mengedepankan prinsip-prinsip kemanusiaan dan persatuan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

5. Mendukung terwujudnya kedaulatan pemilih melalui pemilu yang mengedukasi dan demokratis.

6. Tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. (rls)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 19 Maret 2019
Selasa, 19 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019

HUKRIM
Selasa, 23 April 2019
Jumat, 19 April 2019
Senin, 15 April 2019
Kamis, 11 April 2019
Selasa, 9 April 2019