Minggu, 17 Februari 2019

Koordinator Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga, Neil Antariksa, A.Md, SH, MH membuka secara resmi Sosialisasi Pengawasan partisipatif Pemilu tahun 2019.

politik | Jumat, 1 Februari 2019 | Dibaca: 51
Sosialisasi Pemilu, Bawaslu Riau Sasar RT dan RW

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau mensosialisasikan tentang peran serta ketua RT dan RW, pengurus rumah ibadah, baik Masjid dan Gereja dalam pengawasan serta partisipatif saat pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 digelar, Jumat (01/2/19) di sebuah hotel berbintang di Pekanbaru.

Ketua Bawaslu Riau yang diwakili Koordinator Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga, Neil Antariksa yang membuka kegiatan itu dalam sambutannya mengatakan, Pemilu pada 17 April nanti, merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang diselenggarakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Disamping itu, Neil juga memberikan pemahaman untuk pencegahan munculnya pelanggaran. Baik pelanggaran pidana maupun kode etik yang sudah diatur dalam undang-undang. Salah satu contoh adalah pemasangan baleho.

"Salah satu tugas Bawaslu yaitu melakukan pencegahan dan tindakan pelanggaran. Bawaslu akan mengambil tindakan apabila terjadi pelanggaran yang tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan dan ditetapkan," katanya.

Neil juga mmenjelaskan syarat peserta pemilih, yakni harus sudah berumur 17 tahun memiliki KTP-el dan pernah menikah.
 
Neil Antariksa juga menjelaskan pemilih yang mengidap ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa).

"ODGJ ini harus harus memiliki surat keterangan sehat dari dokter. "Bila doker mengatakan dia bisa memilih, ya bisa. Jika tidak ada surat dokter, tidak bisa memilih," ujar bang Neil, sapaan akrabnya.

Syarat untuk ODGJ agar memiliki hak pilih tetap sama dengan mereka yang non-ODGJ. Harus berusia minimal 17 tahun dan memiliki e-KTP. Tanpa e-KTP, meski dinyatakan sembuh oleh dokter, dia tidak akan bisa dicatat dalam DPT.

Sosialiasi ini turut dihadiri Kepala Sekretariat Bawaslu Riau, Anderson, Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Hasan serta puluhan ketua RT, RW, Pengurus Rumah Ibadah baik Masjid, Gereja, Vihara, serta media massa. (rima)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Sabtu, 19 Januari 2019
Kamis, 17 Januari 2019
Kamis, 17 Januari 2019
Rabu, 16 Januari 2019
Rabu, 16 Januari 2019

HUKRIM
Jumat, 15 Februari 2019
Jumat, 15 Februari 2019
Kamis, 14 Februari 2019
Kamis, 14 Februari 2019
Kamis, 14 Februari 2019