Senin, 22 Juli 2019

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis, SE, MM, melaporkan kesiapan pelaksanaan pemilihan umum 2019 kepada Gubernur Riau H. Syamsuar, Rabu (10/4/19).

meranti | Kamis, 11 April 2019 | Dibaca: 132
Sekda Meranti Laporkan Kesiapan Pemilu 2019 ke Gubri

MERANTI, RIDARNEWS.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis, SE, MM,  melaporkan kesiapan pelaksanaan pemilihan umum 2019 kepada Gubernur Riau H. Syamsuar, Rabu (10/4/19).

Sekda melaporkan ini melalui Tele Confrence bahwa Pemkab Meranti melaksanakan Pemilu yang aman, tertip dan damai.

Dalam Pemilu 2019, jumlah pemilih 143.579 orang, terdiri dari 74.084 laki-laki dan 69.495 perempuan. Mereka tersebar di 101 desa/kelurahan dengan jumlah TPS sebanyak 655 buah.

Turut mendampingi Sekda, Asisten I, Drs. H. Said Asmaruddin, Kabag Organisasi Tata Laksana Setda Rika S.Sos, Kabag Humas dan Protokol Setda Hery Saputra, Bagian Hukum Setda Meranti dan lainnya.

Mengawali laporannya, H. Yulian Norwis menegaskan, untuk kesiapan Pemilu Pemkab Meranti bersama pihak keamanan Polisi dan TNI serta KPU Meranti terus melakukan koordinasi intens menyangkut segala perkembangan yang terjadi dalam penyelengaraan pemilu nanti.

Dari koordinasi terakhir dengan KPU Meranti seluruh tahapan Pemilu 2019 berjalan lancar baik jumlah pemilih maupun surat suara. Menyangkut pengamanan dikatakan Sekda pihak keamanan TNI / Polri serta Linmas siap mengawal pengamanan Pemilu mendatang agar berjalan aman, tertip, damai sesuai harapan.

"Kami sama-sama dengan KPU, TNI/Polri bersama Linmas siap mengamankan penyelenggaraan Pemilu 17 April 2019 mendatang," ujar Sekda.

Selain itu, Sekda juga memaparkan alokasi Kursi DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 30 kursi. Kursi tersebut berasal dari daerah pemilihan I (Dapil I) Tebing Tinggi 10 kursi, Dapil II Rangsang Tebing Tinggi Timur 5 kursi, Dapil III Rangsang Pesisir Rangsang Barat Tebing Tinggi Barat 8 kursi, Dapil IV Pulau Merbau Merbau Tasik Putri Puyu 7 kursi.

Selain itu, pendistribusian logistik Pemilu juga dijelaskan Sekda kepada Gubri. Menurut Sekda, untuk distribusi logistik surat suara hingga ke Desa, pihaknya bersama KPU dan Keamanan TNI/Polri terpaksa harus bekerja ekstra karena jarak tempuh dan medan yang harus dilalui cukup berat.

"Untuk distribusi surat suara yang akan kami lakukan pada H-4 Pemilu nanti agar tidak ada kendala kami harus bekerja ekstra, karena kondisi Meranti yang berpulau-pulau," ungkap Sekda.

Kendati demikian, pada setiap Pemilu di Kabupaten pemekaran Kabupaten Bengkalis itu dapat dilaksanakan dengan aman, tertip dan damai.

Usai mendengar laporan  Sekretaris Daerah, Gubernur Riau H. Syamsuar mengapresasi dan berterima kasih atas dukungan Pemkab. Meranti bersama pihak terkait untuk mensukseskan Pemilu Legislatif dan Pilpres pada 17 April 2019 mendatang.

"Ya kami sangat memahami benar kondisi di Meranti, namun diharapkan Pemda Meranti, KPU dan pihak Keamanan dapat mengawal berjalannya Pemilu nanti agar berjalan aman, tertip dan damai sesuai harapan," ucap Gubernur.

Gubernur juga berpesan dengan telah dikeluarkannya keputusan MK terkait masyarakat yang tidak memiliki E-KTP tapi telah mengantongi Surat Keterangan (Suket) agar dapat difasilitasi untuk dapat menyalurkan hak pilihnya.

"Saya minta juga kepada pihak KPU dapat melayani masyarakat yang tidak memiliki E-KTP tapi memiliki Suket untuk melaksanakan hak pilihnya seiring telah dikeluarkannya keputusan MK," ujar Syamsuar. (Humas Pemkab Meranti).



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 10 Juli 2019
Selasa, 2 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Minggu, 30 Juli 2019

HUKRIM
Kamis, 18 Juli 2019
Rabu, 17 Juli 2019
Selasa, 16 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019