Minggu, 20 Oktober 2019

Kehadiran sikembar, Embo dan Embi membuat kebahagian Hery Saputra semakin lengkap. Mengapa tidak. Karena tak pernah terlintas dalam pikirannya, Togong yang ikut penerapan inseminasi buatan (IB) akan melahirkan anak kembar.

meranti | Senin, 22 April 2019 | Dibaca: 165
Melalui Penerapan IB Togong Lahirkan Anak Kembar

MERANTI, RIDARNEWS.COM - Kehadiran sikembar, Embo dan Embi membuat kebahagian Hery Saputra semakin lengkap. Mengapa tidak. Karena tak pernah terlintas dalam pikirannya, Togong yang ikut penerapan inseminasi buatan (IB) akan melahirkan anak kembar.

Kehadiran Embo dan Embi, nama panggilan kesayangan yang diberikan Hery, membuat jumlah sapinya bertambah dari semula 17 ekor menjadi 19 ekor.

Bagi Togong, Embo dan Embi bukanlah anak pertama. Tetapi, merupakan yang kelima. Anak pertama sampai keempat hanya satu-satu.

"Ini kali kelima Togong beranak, tapi berbeda dari yang sebelumnya. Saya juga sempat kaget dengan lahir sapi kembar ini karena jarang terjadi," ungkap Edi, penjaga sapi ternak tersebut.

Sepintas, untuk membedakan keduanya (Embo dan Embi) juga sulit, karena warna bulunya serupa, bedanya hanya pada warna ujung ekor saja.

Hery yang sehari-hari adalah Kepala Bagian Humas Protokoler Kabupaten Meranti itu, Senin (22/04/2019) sore, mengatakan, Togong salah satu sapi peranakan Ongole yang ikut Inseminasi Buatan (IB) dalam program Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi Wajib Bunting (Upsus Siwab) oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Togong ini termasuk sapi peranakan Ongole yang masuk dalam program Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi Wajib Bunting (Upsus Siwab)," kata Hery yang membeli Togong 6 tahun lalu dari peternak sapi di Desa Insit.

Dengan keberhasilan ini, Hery tak lupa mengucapkan terima kasih kepada petugas lapangan penerapan Inseminasi Buatan (IB) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan.

"Terimakasih kepada dinas, dan tidak lupa pula kepada petugas lapangan pak Dulhadi yang sudah melakukan penyuntikan IB selama ini, dan rutin melakukan pemeriksaan kebuntingan sapi," pungkasnya. (Juna)

BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Jumat, 18 Oktober 2019
Kamis, 10 Oktober 2019
Rabu, 2 Oktober 2019
Rabu, 2 Oktober 2019
Selasa, 1 Oktober 2019

HUKRIM
Sabtu, 19 Oktober 2019
Jumat, 18 Oktober 2019
Jumat, 18 Oktober 2019
Kamis, 17 Oktober 2019
Rabu, 16 Oktober 2019