Rabu, 17 Juli 2019

Dalam kurun enam jam, Polresta Pekanabru dan jajarannya berhasil membekuk pelaku pembunuhan istri yang diduga karena cenburu.

Hukum | Selasa, 2 Juli 2019 | Dibaca: 81
Enam Jam, Polresta Bekuk Pelaku Pembunuh Istri

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM -  Dalam kurun enam jam, Polresta Pekanabru dan jajarannya berhasil membekuk pelaku pembunuhan istri yang diduga karena cenburu.

Konferensi pers dilaksanakan di Loby Polresta Pekanbaru, Selasa siang, 02 Juli 2019.

Konfrensi Pers dipimpin Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto yang diwakili Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru AKP Awaluddin SIK didampingi Wakasat Reskrim AKP Noah Aritonang SIK, Kapolsek Rumbai Iptu Viola SIK dan Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Budhia Dianda.

Dipaparkan Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru AKP Awaluddin SIK, pada Minggu, 30 Juni 2019 sekira pukul 02.00 WIB, telah ditemukan seorang perempuan diduga dibunuh di Jalan Toman Km 02 RT 03 RW 06, Kelurahan Muara fajar Barat, Kecamatan Rumbai, kota Pekanbaru.

Korban seorang wanita bernama Hernita Krisdayanti diperkirakan berumur 21 tahun yang tinggal bersama suaminya Ape Rusu Halawa dan dua orang anaknya di TKP Jalan Toman RT 03 RW 06, Kelurahan Muara Fajar Barat kecamatan Rumbai kota Pekanbaru.

Dihari yang sama Minggu 30 Juni 2019 sekira pukul 02.00 wib, suami korban Ape mendatangi rumah orang tuanya Shakira Gule yang tinggal tidak jauh dari TKP.

Saat itu Ape Rusu Halawa memaksa orang tuanya untuk memberikan uang kepada Ape dengan mengatakan uang tersebut akan dipergunakan untuk kabur, namun org tua tidak mau memberikan uang permintaan Ape tersebut.

Kemudian Ape kembali lagi kerumahnya dan langsung mengambil sepeda motor beat miliknya dan langsung kabur meninggalkan rumah sambil ketakutan.

Selanjutnya Shakira Gule (orang tua Ape Rusu Halawa) segera mendatangi rumah anaknya dan sesampainya di rumah tersebut orang tua Ape melihat istri Ape (Herlina Krisdayanti) dalam keadaan terlentang dan saat diperiksa korban sudah meninggal dunia.

Melihat kejadian tersebut orang tua Ape dan keluarga segera melaporkan ke Polsek Rumbai kejadian tersebut.

Atas laooran tersebut Kapolsek Rumbai Iptu Viola SIK bersama Kanit Reskrim dan agt segera mendatangi TKP utk melakukan olah TKP bersama dengan unit identifikasi dan selanjutnya berkordinasi dengan Satreskrim Polresta Pekanbaru guna pengusutan lebih lanjut.

Dari laporan warga tersebut Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH memerintahkan Kasat Reskrim AKP Awaluddin SIK segera membantu Polsek Rumbai mengejar pelaku yang diduga adalah Ape Rusu Halawa suami korban sendiri.

Informasi di lapangan pelaku melarikan diri ke arah utara melalui jalan darat dengan mengendarai motor Honda Beat milik pelaku.

Berdasarkan informasi tersebut team langsung memburu pelaku ke arah simpang gelombang Kandis, dari simpang Gelombang pelaku berbelok kearah Petapahan, namun karena jalanan sepi pelaku memutar balik menuju arah kota Duri.

Team karena terlewat dari simpang Gelombang dan lebih dahulu mencapai kota Duri menunggu pelaku dijalan masuk Kota Duri.

Sekira pukul 06.30 WIB, pelaku hendak melewati team yang sudah stand by, saat itu juga pelaku dicegat oleh team Buser Resta Pekanbaru namun pelaku berusaha mencoba melarikan diri, atas kesigapan anggota dilapangan pelaku berhasil dilumpuhkan dan diamankan.

Selanjutnya pelaku diamankan dan dibawa ke Polresta Pekanbaru untuk mempertanggung jawabkan Tindak Pidana Penganiayaan hingga mengakibatkan istrinya meninggal dunia.

Penangkapan ini berdasarkan Laporan Polisi No. Pol : LP/ 166/ VI / 2019, tanggal 30 Juni 2019. An. Pelapor R Boru Sirait, adapun pasal yang diterapkan Pasal 338 KUHP.

Sementara barang bukti yang diamankan, Satu buah bantal, Satu helai kain sarung yang digunakan pelaku saat menghabisi nyawa istrinya.

Terpisah, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto membenarkan penangkapan pelaku Tindak Pidana Pembunuhan yang dilakukan seseorang terhadap istrinya sendiri diwilayah Kecamatan Rumbai Pekanbaru.

"Keberhasilan tersebut merupakan kerja keras Kasat Reskrim AKP Awaluddin SIK dan Kapolsek Rumbai Viola SIK beserta team yang mengejar pelaku dan berhasil mengamankan pelaku kurang dari enam jam, sebut Kapolresta.

"Suatu keberhasilan yang cukup cepat dan tepat terhadap kinerja anggota dilapangan yang patut diberikan apresiasi," tutup Kapolresta. (rls)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 10 Juli 2019
Selasa, 2 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Minggu, 30 Juli 2019

HUKRIM
Selasa, 16 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Kamis, 11 Juli 2019