Selasa, 16 Juli 2019

Sekda Drs H Surya Arfan

rohil | Jumat, 24 Maret 2017 | Dibaca: 132
Sekda Rohil Minta Umat Beragama Saling Jaga Kerukunan

Bagansiapiapi, Ridarnews.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Drs Surya Arfan meminta kepada umat beragama khususnya di Rokan Hilir untuk saling menjaga kerukunan.

"Kita umat beragama saling hormat menghormati semua agama yang berada di Rokan Hilir. Di Rokan Hilir tidak pernah terjadi kegaduhan terhadap agama, semua saling rukun dan damai," Ucap Sekda Drs H Surya Arfan saat membuka acara peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama, Kamis (23/3/2017) di Bagansiapiapi.

"Ketika ada acara iven besar seperti bakar tongkang sembayang kuburan dan Cap Gomeh. Ketiga iven besar suku Tionghua itu tidak ada persoalan. Kita ikut mengambil kesempatan, supaya ketika agama mereka kita mengambil aspek ekonomi. Sehingga jualan-jualan akan laku," terang Surya Arfan.

Lanjut Surya Arfan, hanya saja ada persoalan yang sedikit timbul di agama islam seperti adanya ajaran ajaran Gafatar. Gafatar ini mengharamkan orang dan memfitnah orang, kalau islam ada 4 mishab yang diajarkan. Untuk persoalan antar umat beragama tidak ada permasalah.

Sementara itu Kepala Dinas Kesbangpol Drs Zulkarnaen Nur menyampaikan, dengan adanya pertemuan hari ini yang dilaksanakan oleh Bakesbangpol provinsi riau kita mengantisipasi secara dini terhadap berita berita yang saat ini telah muncul apakah itu penistaan agama, mengadu dombakan.antara suku dengan suku lainnya dan ras- ras lain yang di hindari.

"Alhamdulilah kabupaten Rokan Hilir yang sebagai mana telah disampaikan oleh pak Kaban dari provinsi itu harus kita jaga secara baik, terutama kesbangpol kabupaten untuk menjembatani hal- hal yang tidak diinginkan,"kata Zulkarnaen.

Lanjut Zulkanaen, tentunya kita minta kepada umat beragama agar selalu kompak dan menjaga keharmonisan umat beragama. Seandainya ada terjadi keselisian kita harus mampu menjembatani komplit permasalahan tersebut.

"Kesbangpol sangat berharap umat beragama jagan terpancing dengan isu-isu yang ada di ibu kota Jakarta, dapat dicerna dengan baik-baik kalau emang tidak ada pengaruh kepada kita jangan ikut-ikutan," sebutnya.

Acara ini untuk mengantisipasi timbul gesekan-gesekan yang di Rokan Hilir. Sesama agama satu dengan agama yang lain harus saling rukun dan damai.(di)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 10 Juli 2019
Selasa, 2 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Minggu, 30 Juli 2019

HUKRIM
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Kamis, 11 Juli 2019
Kamis, 11 Juli 2019