Senin, 22 Oktober 2018

DPM PTSP Kota Pekanbaru Bagi Trik Jitu pada Pemodal

adv | Senin, 12 Juni 2017 | Dibaca: 40
DPM PTSP Kota Pekanbaru Bagi Trik Jitu pada Pemodal

PEKANBARU - Peran Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Pekanbaru untuk menarik investor menanamkan modalnya di kota Metropolitan yang Madani menjadi sangat penting dalam mewujudkan Kota Pekanbaru yakni menjadi Kota tujuan investasi terbaik se-Indonesia.

Pasalnya, dengan banyaknya kemudahan yang diberikan tentu akan diiringi dengan ramainya pelaku usaha yang melirik serta menjadikan Pekanbaru sebagai tempat mereka menanamkan modalnya. Seperti sebuah ungkapan 'Dimana ada gula pasti disitu ada semut' yang artinya DPM PTSP ‎akan membuat Kota Pekanbaru manis layaknya gula yang diselalu dicari para investor untuk mengembangkan usaha-usaha mereka di kota ini.

‎Berbagai inovasi terus dikembangkan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelaku usaha yang hendak menanamkan modalnya di Kota Pekanbaru, kegiatan yang paling anyar dilakukan DPM PTSP Pekanbaru yakni bagi-bagi ilmu dengan seluruh pelaku usaha tentang aturan dan kebijakan yang berlaku di Kota Pekanbaru di Hotel Grand Elite beberapa waktu lalu.

'Dengan adanya persamaan persepsi antara dunia usaha dengan kami (DPM PTSP) tentu seluruh urusan administrasi perizinan akan lebih mudah dan cepat untuk diproses,' ungkap Kepala Badan PTSP, M. Jamil ketika memberikan pengarahannya kepada seluruh investor yang hadir dalam acara tersebut.

Tidak tanggung -tanggung, pihak DPM-PTSP Pekanbaru langsung memboyong undangan yang terdiri dari 25 orang dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau perwakilan menghadiri pembukaan dan 100 orang investor atau perusahaan yang bidang antara lain konstruksi, perkebunan, perhotelan, rumah sakit dan lain-lain. Disamping itu, DPMPTSP juga menghadirkan ‎narasumber yang sangat berkompeten dalam memberikan pemahaman, yakni ‎Kasubdit Fasilitas Sektor Sekunder (Esselon III) dari Badan Kebijakan Penanaman Modal BKPM RI Bapak Henry Rombe, ST dengan memberikan materi tentang Pedoman dan Tata Cara Permohonan Fasilitas dalam rangka Penanaman Modal dan Kepala Seksi Fasilitas (Eselon IV) Kanwil Bea Cukai Riau Sumbar Bapak Arie Kusuma, MM dengan memberikan materi Kemudahan Impor Tujuan Ekspor bagi Industri Kecil Menengah(KITE IKM). ‎

'Insya Allah, dua nara sumber ini akan menjelaskan dasar hukum, peraturan, dan kebijakan tentang Penanaman Modal di Kota Pekanbaru, jadi jangan malu-malu untuk bertanya dan tetap serius dalam mengikuti kegiatan sosialisasi peraturan dan penanaman modal yang kami lakukan,' ungkap Jamil lagi.

Dalam hal pelayanan, pihak di DPM-PTSP Pekanbaru hingga saat ini terus berinovasi, dengan pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi sebagai wadah dalam peningkatan pelayanan publik, khususnya pelayanan perizinan dan non perizinan yakni melalui penerapan Aplikasi SIMPEL Mobile.

Aplikasi SIMPEL Mobile tersebut merupakan inovasi terbaru dari DPMPTSP kota Pekanbaru dimana manfaatnya adalah memudahkan masyarakat mengurus perizinan dan non perizinan dengan menyelarasakn amanat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Disamping itu, DPMPTSP memberikan layanan kelas VIP kepada seluruh investor baik itu lokal maupun luar daerah Pekanbaru. Pasalnya, seluruh pengusaha rata-rata sudah mengunakan handphone android untuk mengakses proses perizinan yang mereka berikan. Jadi para investor cukup mendownload Aplikasi SIMPEL Mobile DPM-PTSP dan mereka bisa mengetahui langsung tentang izin usaha yang mereka miliki.

'Dengan begitu, pengusaha tidak perlu antri dan repot-repot lagi datang ke kantor kami. Cukup lewat HP saja, bisa mengetahui sampai dimana proses perizinan yang mereka urus. Jika sudah siap mereka tinggal ambil,' paparnya.‎

Selain itu, DPM-PTSP berencana mengembangkan tanda tangan elektronik yang tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada seluruh investor dan percepatan proses perizinan.

'Jadi, jika Kepala DPM-PTSP sedang pergi dinas luar kota, anda tidak perlu risau. Karena setiap berkas yang masuk akan langsung ditanda tangani melalui aplikasi tandatangan elektronik, mudah bukan,' paparnya lagi.

Atas inovasi tersebut, sudah banyak perizinan yang mengalami percepatan. Jika dulu selesai lima hari kerja bisa dipersingkat menjadi satu hari, bahkan bisa ditunggu.‎‎

Sebelumnya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mempublikasikan data realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) triwulan pertama (perioede Januari-Maret) tahun 2017 yang menembus angka sebsesar Rp.165,8 triliun, meningkat 13,2 % dari periode yang sama tahun 2016 sebesar Rp146,5 triliun. Realisasi investasi tersebut menyerap 194 ribu tenaga kerja.


sumber: riauterkini.com



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 3 Oktober 2018
Rabu, 12 September 2018
Selasa, 11 September 2018
Minggu, 9 September 2018
Minggu, 9 September 2018

HUKRIM
Sabtu, 20 Oktober 2018
Jumat, 19 Oktober 2018
Jumat, 19 Oktober 2018
Kamis, 18 Oktober 2018
Kamis, 18 Oktober 2018