Minggu, 22 Juli 2018

Serahterima bantuan dan peresmian Kiosplus Kreatif Terpadu Nanas, dari PT RAPP kepada Kelompok Tani Bina Tani disaksikan Pemkab Siak, Kamis (10/5/18), di Kampung Penyengat, Sungai Apit, Kabupaten Siak.

ekonomi | Jumat, 11 Mei 2018 | Dibaca: 26
PT RAPP Bangun Kiosplus Kreatif Nanas,
Ternyata Budidaya Nenas Bisa Lebih Menguntungkan

SIAK, RIDARNEWS.COM - Masyarakat di Kampung Penyengat memilih untuk membudidayakan tanaman Nenas. Program budidaya Nenas tersebut dinilai lebih menguntungkan ketimbang komoditas lainnya, termasuk tanaman Kelapa Sawit. Agar produktifitasnya terus meningkat, sebuah kiosplus kreatif budidaya Nenas dibangun untuk para petani.

"Kiosplus ini diharapkan mampu menambah semangat petani Nenas dan meningkatkan kapasitas para petani dalam pengolahan Nenas, sehingga berujung pada peningkatan pendapatan", kata Direktur Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Marzum Hamid, Kamis (10/5/2018), di Kampung Penyengat, Kabupaten Siak.

Marzum menambahkan dengan adanya Kiosplus Kreatif ini kegiatan budidaya Nenas oleh Kelompok Tani (Koptan) Bina Tani bisa lebih terorganisir dan termonitor dengan baik. Diharapkan ke depannya usaha ini mulai fokus pada hilirisasi produk Nenas dengan bantuan pendampingan atau pelatihan dari CD officer RAPP.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Siak, Alfedri berharap program budidaya Nenas bisa dikembangkan lebih maju lagi.

"Mudah-mudahan akan ada industri pengolahan Nenas sehingga buahnya tidak hanya dijual secara langsung, tapi ada produk turunannya juga memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat", ujar Alfedri yang sempat mencicipi berbagai produk olahan Nenas seperti keripik dan lain-lain.

Alfedri menjelaskan program ini merupakan kelanjutan program panen raya Nenas seluas 148 hektar beberapa waktu lalu di Sungai Rawa, Tanjung Kuras dan sejumlah lokasi lainnya. Pihaknya berharap program CD RAPP dapat terus dikembangkan di Kampung Penyengat dan sekitarnya.

Program budidaya Nenas ini dimulai dari 20 orang petani pada awal 2017 lalu dan sekarang berkembang menjadi 147 petani. Melalui program CD, RAPP juga telah menyalurkan sejumlah bantuan di antaranya bibit Nenas dan 40 sak pupuk TSP dan KCl untuk dikelola oleh Kelompok Tani. Selain itu, sebanyak 80 ribu bibit Nenas telah disalurkan di Desa Teluk Lanus baru-baru ini.

Nenas ratu, yang dibudidayakan ini menjadi primadona distributor Nenas, bahkan sudah dipasarkan di Jakarta dan daerah lainnya di Indonesia. Selain rasanya yang khas, Nenas ratu ini juga diakui lebih tahan lama dibandingkan produksi Nenas lokasi lain. (rls)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Minggu, 27 Mei 2018
Selasa, 22 Mei 2018

HUKRIM
Rabu, 18 Juli 2018
Selasa, 17 Juli 2018
Selasa, 17 Juli 2018
Minggu, 15 Juli 2018
Sabtu, 14 Juli 2018