Minggu, 19 Agustus 2018

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy

kesehatan | Jumat, 1 Juni 2018 | Dibaca: 24
Melalui Puskesmas, Dinkes Data Jumlah Masyarakat Keluarga Sehat

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan, dr Zaini Rizaldy mengatakan Dinas Kesehatan telah menurunkan tim melalui Puskesmas untuk mendata masyarakat di Kota Pekanbaru sebagai keluarga sehat.

Pendataan yang telah dilakukan sejak tahun lalu ini bertujuan mendata berbagai permasalahan di lingkungan masyarakat sehingga data lapangan menjadi bahan kajian sekaligus melahirkan berbagai terobosan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sumber data dalam pendataan ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer yaitu yang diperoleh langsung dari warga dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan dan data sekunder ini data yang diperoleh dari catatan seperti KK.

"Pendataan yang kita lakukan dengan menanyakan status kesehatan warga tersebut dan memerikasa kondisi dan kebersihan rumah serta lingkungan warga. Petugas dari puskesmas akan mendatangi setiap rumah warga melihat kondisi rumah, lingkungan, sanitasi termasuk sumur maupun MCK," katanya.

Selain itu petugas menanyakan kondisi kesehatan pemilik rumah secara keseluruhan dan di data dalam form resmi Keluarga Sehat. Usai pendataan, petugas akan menempel stiker sebagai tanda sudah di lakukannya pendaataan keluarga di rumah tersebut, sehingga tim yang lain tidak lagi ke rumah yang sama kecuali dengan tujuan berbeda.

Lebih lanjut, Zaini menyebutkan program pendataan keluarga sehat ini merupakan Program Kementrian Kesehatan RI yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dalam rangka memberikan layanan kesehatan secara langsung ke masyarakat sehingga kondisi kesehatan masyarakat lebih terpantau.(Kominfo kota)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Minggu, 27 Mei 2018
Selasa, 22 Mei 2018

HUKRIM
Kamis, 16 Agustus 2018
Kamis, 16 Agustus 2018
Kamis, 9 Agustus 2018
Sabtu, 4 Agustus 2018
Jumat, 3 Agustus 2018