Jumat, 22 Juni 2018

Teks foto: Sekretaris Daerah Bengkalis saat membacakan sambutan Bupati Bengkalis.

bengkalis | Sabtu, 2 Juni 2018 | Dibaca:
Mari Amalkan Al-Qur'an Dalam Kehidupan Sehari-hari

BENGKALIS, RIDARNEWS.COM - Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY menghadiri peringatan nuzulul qur'an bertempat di Masjid Agung Istiqamah Bengkalis, Jum'at (1/6/2018) malam.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Bengkalis, Kapolres Bengkalis Yusup Rahmanto, Dandim 0303 Bengkalis Timmy Prasetyo, para Kepala OPD Bengkalis, Tokoh Masyarakat dan ratusan jamaah masjid agung Istiqamah yang turut meramaikan serangkaian kegiatan tersebut.

Peringatan Nuzulul Qur'an di Bengkalis diawali dengan shalat isya' berjamaah kemudian dilanjutkan dengan shalat tarawih dan witir berjama'ah dan selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Faisal Asri dan diakhiri tabligh akbar oleh H. Perdana Akhmad dari Bandar Lampung yang dikenal sebagai Founder Qur'anic Healling Indonesia dan Trainer Ruqyah Syar'iyyah Indonesia.

Sebelum tabligh akbar, Sekda Bengkalis saat membacakan sambutan tertulis Bupati Bengkalis mengatakan, salah satu momentum penting yang sering diperingati oleh kaum muslimin pada Bulan Ramadhan adalah peringatan Malam Nuzulul Qur’an.

"Peringatan ini dilaksanakan dalam upaya untuk mengingatkan fungsi dan peran penting al-qur’an bagi kehidupan ummat muslim, sekaligus menambah kecintaan kita terhadap Al-Qur’an," ujarnya.

Al-Qur’an yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW lanjutnya, adalah sebagai petunjuk dan pembeda antara yang haq dan yang bathil. Al-Qur’an juga berfungsi sebagai peringatan, rahmat, penjelas, berita gembira,serta sumber hukum dalam kehidupan kita sehari-hari.

"Al-Qur’an juga sebagai sumber ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi umat manusia, dimana inspirasinya yang tidak pernah kering, mengalirkan nilai-nilai  ajaran Islam yang luhur, menebarkan keteduhan, memberi ketenteraman dan menciptakan kedamaian," ujarnya.

maka dari itu harap sekda, melalui peringatan Nuzulul Qur’an ini, mari kita amalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita semua menjadi mukmin yang sejati untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Sementara itu ustadz Perdana Akhmad, dalam ceramahnya menjelaskan terhadap arti, makna, kaidah-kaidah yang benar dalam hal menjalankan ibadah puasa serta tujuan ibadah puasa, dan keutamaan bulan ramadhan dan pentingnya membayar zakat bagi umat muslim.

Dalam ceramahnya, beliau juga mengatakan Al Quran turun dari Baitul Izah ke Langit Dunia pada bulan Ramadhan adalah utuh satu paket yaitu Kitab Suci Al-Quran kemudian baru diturunkan ke kehidupan sehari-hari secara bertahap selama 23 tahun sesuai kebutuhan.

"Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, yang jadi pertanyaan sudahkah kita mendapatkan hikmah atau keistimewaan dari bulan Ramadhan itu, karena pada bulan Ramadhan tidak hanya puasa menahan makan dan minum tapi juga mengendalikan pancaindera baik wadhak maupun batin," ujarnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa Al-Qur'an adalah penawar atau sebagai obat segala penyakit (syifa). Rasulullah juga pernah sakit, kemudian beliau melakukan terapi atau rukiyah syariah (rukiyah) dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an. Dan Al-Qur'an juga sebagai benteng dari gangguan jin.

"Renungan kita terhadap Al-Qur’an di bulan Ramadhan ini bermakna upaya sadar kita agar al-Qur’an selalu bersemayam di dalam hati. Siti Aisyah pernah menyampaikan bahwa akhlaq Nabi Muhammad adalah al-Qur’an. Nilai-nilai al-Quran melebur dalam diri sehingga menjadi penuntun dalam berpikir, berkata dan bertindak. Inilah tujuan diadakan peringatan Nuzulul Qur’an," tuturnya. (humas)



BERITA PILIHAN

Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/ridarnews2017/public_html/berita/index.php on line 187
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Minggu, 27 Mei 2018
Selasa, 22 Mei 2018

HUKRIM
Kamis, 21 Juni 2018
Rabu, 20 Juni 2018
Selasa, 19 Juni 2018
Selasa, 19 Juni 2018
Sabtu, 16 Juni 2018