Rabu, 15 Agustus 2018

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kawal Pemilu menggelar aksi damai di depan Tugu Zapin, Jalan Jend Sudirman, sebagai bentuk komitmen generasi muda di Provinsi Riau dalam menolak politik uang, Rabu, 6 Juni 2018.

politik | Rabu, 6 Juni 2018 | Dibaca: 54
Aliansi Mahasiswa Kawal Pemilu Tuntut Pemilu Bersih di Riau

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kawal Pemilu menggelar aksi damai di depan Tugu Zapin, Jalan Jend Sudirman, sebagai bentuk komitmen generasi muda di Provinsi Riau dalam menolak politik uang, Rabu, 6 Juni 2018.

Aksi damai ini sebagai bentuk dukungan moril kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau sekaligus mendukung penegakan hukum di Provinsi Riau sebagai wujud Pemilu yang bersih dan berkualitas pada tahun 2018 dan 2019 mendatang.

Aksi yang dilakukan Mahasiswa merupakan buntut kekecewaan terhadap kasus politik uang yang terjadi pada saat kampanye pemenangan pasangan calon Gubernur Riau dan calon Wakil Gubernur Riau dengan nomor urut 3 di Pulau Rupat, Bengkalis yang terjadi pada waktu yang lalu, menjerat oknum anggota DPRD sekaligus Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bengkalis, Nur Azmi Hasyim dan ajudannya Adi Purnawan telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Pak Azmi itu seorang tokoh, beliau merupakan wakil rakyat DPRD Kabupaten Bengkalis, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bengkalis, orang pintar dan intelektual serta berpendidikan. Seharusnya beliau memberikan contoh yang baik untuk generasi muda dan masyarakat Riau. Ini malah melakukan perbuatan kotor, menyuap, agar calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Riau bisa terpilih dan duduk sebagai orang Nomor satu di Provinsi Riau ini," ujar Iwan Saputra selaku Koordinator aksi Aliansi Mahasiswa Kawal Pemilu.

" Dapat kita lihat bapak-bapak dan saudara ku sekalian melalui pemberitaan disejumlah media, akibat perbuatan kotornya, menyuap masyarakat di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, sekarang Nur Azmi Hasyim dan ajudannya Adi Purnawan sedang menjalani proses hukum yang sedang bergulir di Pengadilan Negeri Bengkalis," ujarnya dalam orasi.

Dilanjutkan Iwan, jika nantinya Nur Azmi Hasyim dan ajudannya Adi Purnawan terbukti bersalah, ini akan menjadi catatan buruk yang harus kita perbaiki.

" Saudara-saudaraku sekalian, pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Riau pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang sebentar lagi akan kita sambut. Kami dari Aliansi Mahasiswa Kawal Pemilu berharap dan mengajak masyarakat Riau untuk sama-sama mengawal pemilu bersih dari kecurangan-kecurangan para perusak demokrasi demi lahirnya pemimpin yang bersih dan berkualitas," ujar Orator yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kawal Pemilu.

" Jika nanti ada yang tertangkap berpolitik uang kepada masyarakat, maka kami sangat mengecam dan meminta kepada pihak berwajib untuk mengusut tuntas dan memberikan efek jera kepada mereka,"'ungkap salah satu massa aksi.

Selanjutnya, massa aksi mengajak masyarakat Riau untuk memilih pemimpin yang memiliki trackrecord atau rekam jejak calon yang baik agar kedepannya Riau bisa tumbuh, berkembang dan maju dengan pesat. (rima)





BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Minggu, 27 Mei 2018
Selasa, 22 Mei 2018

HUKRIM
Kamis, 9 Agustus 2018
Sabtu, 4 Agustus 2018
Jumat, 3 Agustus 2018
Jumat, 3 Agustus 2018
Jumat, 3 Agustus 2018