Jumat, 22 Juni 2018

Pelaksanaan latihan pra operasi Muara Takus 2018 di Polres Kampar ini dibuka oleh Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, MH dan dihadiri Dandim 0313/ KPR yang diwakili Danramil 07 Kapten Inf. Lilik, Wadan Yonif 132/ BS Mayor Inf S.S. Kamba

Hukum | Senin, 4 Juni 2018 | Dibaca: 11
172 Personel Gabungan Ikuti Lat Pra Ops Muara Takus

BANGKINANG KOTA, RIDARNEWS.COM - Mengusung tema " Mewujudkan personel Polri yang promoter dalam mengamankan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H", Kepolisian Resor Kabupaten Kampar menggelar latihan pra operasi Ketupat Muara Takus tahun 2018, di gedung serbaguna Polres Kampar, Senin, 4 Juni 2018, sekira pukul 09.30 WIB.

Pelaksanaan latihan pra operasi Muara Takus 2018 di Polres Kampar ini dibuka oleh Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, MH dan dihadiri Dandim 0313/ KPR yang diwakili Danramil 07 Kapten Inf. Lilik, Wadan Yonif 132/ BS Mayor Inf S.S. Kambaren, Kasat Pol PP Kampar, Kadishub Kampar, Kadiskes Kampar, juga hadir dari perwakilan Jasa Raharja, PMI, Ormas Senkom dan Para Kabag, Kasat serta Kapolsek Jajaran.

Untuk peserta Lat Pra Ops terdiri dari personil gabungan Polres Kampar sebanyak 172 orang ditambah masing-masing 5 orang perwakilan dari Kodim 0313/ KPR, Yonif 132/ BS, Pol PP, Dishub, Diskes dan Senkom dengan jumlah peserta keseluruhan sekitar 200 orang.

Kegiatan Lat Pra Ops ini dibuka oleh Kapolres Kampar yang ditandai dengan pemasangan tanda peserta Lat Pra Ops oleh Kapolres Kampar kepada perwakilan peserta.

Kapolres Kampar memberikan sambutannya yang menyampaikan bahwa kegiatan Lat Pra Ops ini sebagai kesiapan akhir dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Muara Takus 2018 di wilayah hukum Polres Kampar.

Lebih lanjut disampaikan Kapolres Kampar bahwa pelaksanaan Operasi Ketupat merupakan agenda tahunan yang selalu digelar menjelang perayaan Idul Fitri walaupun dengan nama sandi operasi yang berbeda.

Pada pelaksanaan Lat Pra Ops kali ini tidak hanya diikuti personel Kepolisian namun juga menyertakan personel dari Dinas Instansi terkait, sehingga pelaksanaan operasi diharapkan dapat berjalan lebih baik dari pada tahun lalu, jelas Kapolres.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan penyampaian materi pelatihan yang diberikan dalam bentuk teori teknis, Praktek TP-TKP, TPGD dan simulasi pelayanan Pos Pengamanan.

Penyampaian materi pertama oleh Kabag Ops Kompol Franky Tambunan ST, mengawali arahannya Kabag Ops menyampaikan bahwa pelaksanaan operasi akan digelar selama 20 hari dimulai tanggal 8 Juni 2018, sebelumnya akan dilakukan Apel Gelar Pasukan yang direncanakan pada tanggal 6 Juni 2018.

Dalam paparannya Kabag Ops menyampaikan tentang Konsep Operasi, Tugas Pokok dalam operasi yang meliputi pengamanan perayaan Idul Fitri serta kegiatan lain yang menyertainya, menekan dan meniadakan gangguan kamtibmas serta mewujudkan kamseltibcarlantas, selain itu juga dipaparkan tentang Tujuan Operasi dan Sasaran Operasi serta hal-hal lain terkait pelaksanaan operasi.

Materi berikutnya disampaikan oleh dr. Eli Susanti dari Poliklinik Polres Kampar yang memberikan materi tentang P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) dan TPGD (tindakan pertama gawat darurat).

Selanjutnya Kasat Sabhara AKP Al Imran SH yang menyampaikan materi tentang pelaksanaan tugas Turjawali serta teknis kegiatan maupun cara bertindak di lapangan saat penugasan, yang meliputi upaya-upaya preventif maupun refresif tingkap awal. Disampaikan juga bahwa ada 4 item yang menjadi sasaran dalam pengamanan operasi Ketupat 2018 ini yaitu Orang, Benda, Lokasi dan Kegiatan.

Perwakilan PT.Jasa Raharja untuk Kampar oleh Khairil, disampaikan bahwa tingginya angka kecelakaan lalulintas di wilayah Kabupaten Kampar akhir-akhir ini juga diiringi tingginya tingkat fatalitas korban lakalantas.

Tingginya tingkat Fatalitas korban lakalantas ini juga disebabkan kurang maksimalnya penanganan awal terhadap korban lakalantas sehingga perlu dilakukan koordinasi yang lebih baik dari semua instansi terkait.

Materi selanjutnya tentang TP-TKP Lakalantas yang disampaikan oleh Kanit Laka Ipda Angga Dewansyah S.Trk, kemudian dilanjutkan dengan praktek lapangan tentang simulasi pelayanan pada pos pengamanan Ops Ketupat 2018, termasuk praktek lapangan tentang TP-TKP Lakalantas meliputi Pertolongan Pertama terhadap korban, olah TKP dan pengaturan arus lalulintas pasca kecelakaan.

Kegiatan ditutup dengan pelepasan tanda peserta Lat Pra Ops oleh Waka Polres Kampar Kompol B.E Banjarnahor SIK, MH kepada perwakilan peserta, Waka Polres juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta Lat Pra Ops yang telah mengikuti kegiatan ini dengan baik dan berharap dalam pelaksanaannya nanti dapat mencapai hasil yang optimal.

Kegiatan berakhir pukul 15.00 wib dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan aman dan lancar. (rima/hms)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Minggu, 27 Mei 2018
Selasa, 22 Mei 2018

HUKRIM
Kamis, 21 Juni 2018
Rabu, 20 Juni 2018
Selasa, 19 Juni 2018
Selasa, 19 Juni 2018
Sabtu, 16 Juni 2018