Minggu, 22 Juli 2018

Saat prosesi ritual bakar tongkang berlangsung.

rohil | Minggu, 1 Juli 2018 | Dibaca: 32
Ritual Bakar Tongkang Dihadiri Ribuan Wisatawan

ROHIL, RIDARNEWS.COM - Ritual bakar tongkang  tahun 2018 di Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir, Propinsi Riau disaksikan ribuan wisatawan nasional dan mancanegara, Sabtu (30/6/2018).

Dalam sambutannya, Esthy Reko Astuti selaku Staf Ahli Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata, mengatakan Bakar Tongkang yang dilaksanakan setiap tahunnya sangat baik dan mendatangkan kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun semakin meningkat.

"2017 kunjungan wisatawan di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir sekitar 52 ribu. Tahun ini mencapai 70 ribu wisatawan," jelasnya.
 
Ia menambahkan bahwa Bakar Tongkang merupakan salah satu dari 100 Wonderfull Event Indonesia 2018 yang masuk dalam kalender event nasional.

"Jadi, kita patut bangga bahwa di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Rokan Hilir sudah ada salah satu dari event pariwisata nasional yang kita unggulkan," terangnya.

Menurutnya, Bakar Tongkang juga menjadi salah satu dari event Anugerah Pesona Indonesia yang tentunya didukung oleh masyarakat Bagansiapiapi melalui votingnya.
 
"Terima kasih juga kepada warga Bagansiapiapi yang berada diluar daerah yang telah mendukung event tersebut, begitu juga kepada pihak keamanan," harapnya

Pada kesempatan sama, Wakil Bupati Rokan Hilir Jamiludin mengatakan bahwa wisatawan Bakar Tongkang kali ini dihadiri warga Tionghoa Rokan Hilir yang datang dari Inggris, Singapura, Malaysia dan Thailand.

"Alhamdulillah, mereka yang datang dari luar sangat peduli kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hilir. Kemarin juga mereka memberikan sumbangsihnya untuk kita kepada warga yang kurang mampu berupa sembako. Ini perlu kita lestarikan untuk tahun-tahun kedepannya," pintanya.

Seperti diketahui ritual bakar tongkang rosesi Bakar Tongkang baru dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIB, dimana Replika Kapal Tongkang di arak puluhan ribu warga Tionghoa dari Kelenteng Ing Hok King menuju ke lokasi Bakar Tongkang di Jalan Perniagaan Ujung, Bagansiapiapi.

Setelah prosesi ritual selesai sekira pukul 16.30 WIB tiang kapal Tongkang yang telah dibakar jatuh ke arah darat. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa bahwa rezeki mereka tahun ini berada di darat.

Puncak perayaan iven ritual bakar tongkang turut dihadiri Kapolda Riau Irjen Pol Nandang, Danrem 031/ Wirabima diwakili Kasrem, Kasipers, Bupati Rokan Hilir Suyatno, Dandim 0321/Rokan Hilir Letkol Inf Didik Efendi, Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adi Wuryanto, Kepala Kejaksaan Negeri Rokan Hilir Gaos Wicaksono, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Anggota DPRD Riau Siswaja Muljadi, Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal, Sekretaris Daerah Rokan Hilir Surya Arfan, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Rokan Hilir Ali Asfar.  (mediacenterriau.go.id)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Selasa, 29 Mei 2018
Minggu, 27 Mei 2018
Selasa, 22 Mei 2018

HUKRIM
Jumat, 20 Juli 2018
Kamis, 19 Juli 2018
Rabu, 18 Juli 2018
Selasa, 17 Juli 2018
Selasa, 17 Juli 2018