Selasa, 18 Desember 2018

Tim dari Kepolisian, TNI, Manggala Agni dan Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu serta masyarakat terus berupaya melakukan pemadaman karlahut di Desa Penyaguan kecamatan Batang Gansal kabupaten Indragiri Hulu terus meluas hingga mencapai

lingkungan | Rabu, 25 Juli 2018 | Dibaca: 87
Pemadaman Karlahut Terus Dilakukan di Inhu

RENGAT, RIDARNEWS.COM - Tim dari Kepolisian, TNI, Manggala Agni dan Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu serta masyarakat terus berupaya melakukan pemadaman karlahut di Desa Penyaguan kecamatan Batang Gansal kabupaten Indragiri Hulu terus meluas hingga mencapai 5 hektar.

"Perluasan kebakaran sudah dapat di lokalisir oleh tim, namun memang membutuhkan kerja ekstra untuk melakukan pemadaman total api tersebut," ungkap Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting, SIK.

Menurutnya, kendala yang dihadapi tim saat ini diantaranya karena lahan tersebut merupakan lahan gambut dengan ketebalan mencapai 14 meter, sehingga sulit diprediksi apakah api sudah padam atau belum.

Namun di keliling lahan sudah ada kanal, sehingga memudahkan untuk mengantisipasi agar api tidak menyebar ke lahan yang lain. "Kita memang takutkan api bisa menyeberang ke lahan lain, namun dengan adanya kanal tersebut, kekuatiran dan juga kerja bisa sedikit ringan," ungakapnya.

Dikatakannya, pemadaman memang harus dibantu dilakukan dari atas agar lebih maksimal karena dengan peralatan yang ada akan memakan waktu. Pemadaman dengan bantuan Helikopter yang didatangkan dari Pekanbaru, namun belum bisa dilakukan.  Sejauh inipun belum ada tersangka untuk Karlahut ini. "Lahan yang terbakar milik masyarakat, bukanlah milik koorporasi," tegas Kapolres.

Menurut alumni Akpol 1999 ini, untuk Heli sudah dihubungi, namun belum bisa terpenuhi karena masih difokuskan untuk pemadaman Karlahut yang di Rohil. Selain itu juga dilihat dari tingkat konfident sudah berada di bawah 70, sehingga dianggap belum dibutuhkan untuk penanganan menggunakan helikopter.

Dikatakannya juga, tim saat ini terus berupaya melakukan pemadaman dan untuk sekarang sudah dalam tahap pendinginan, guna mencegah munculnya kembali api dari dalam gambut karena asap masih muncul. Namun sejauh ini kebakaran ini tidaak menimbulkan dampak asap yang dapat mengganggu aktifitas masyarakat, dimana udara di Inhu secara umum masih normal.

Kapolres berharap agar api dapat segera dikendalikan dan peristiwa yang sama tidak terulang lagi. Dirinya juga menghimbau agar masyarakat atau perusahaan dapat bersama sama mencegahnya dengan tidak melakukan pembukaan lahan dengam cara membakar. (mediacenterriau.go.id)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Jumat, 14 Desember 2018
Kamis, 13 Desember 2018
Kamis, 13 Desember 2018
Kamis, 13 Desember 2018
Rabu, 12 Desember 2018

HUKRIM
Senin, 17 Desember 2018
Senin, 17 Desember 2018
Kamis, 13 Desember 2018
Kamis, 13 Desember 2018
Rabu, 12 Desember 2018