Senin, 22 Oktober 2018

Disperin Gandeng PCR untuk bekerjasama dalam pemanfaatan ilmu teknologi untuk Industri Kecil Menengah (IKM) di Provinsi Riau diantarannya industri pengolahan kopi di Kabupaten Kepulauan Meranti dan industri pengolahan nenas di Kabupaten Kampar dan 5

ekonomi | Jumat, 3 Agustus 2018 | Dibaca: 33
Teknologi untuk IKM Riau, Disperin Gandeng PCR

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Riau, Asrizal menyampaikan tercatat 1.000 hektar kebun kopi terdapat di Kabupaten Kepulauan Meranti yang penghasil biji kopi yang di olah secara tradisional dan di ekspor ke negara tetangga untuk dihasilkan produk kopi yang berkualitas.

Disperin Gandeng PCR untuk bekerjasama dalam pemanfaatan ilmu teknologi untuk Industri Kecil Menengah (IKM) di Provinsi Riau diantarannya industri pengolahan kopi di Kabupaten Kepulauan Meranti dan industri pengolahan nenas di Kabupaten Kampar dan 5 kabupaten lainnya.

Ia berpendapat bahwa Provinsi Riau seharusnya dapat menjadi industri yang mandiri sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Riau.

“Provinsi Riau memiliki berbagai macam sektor industri baik dalam skala kecil dan menengah. Namun, dikarenakan masih kurangnya pengetahuan masyarakat dalam hal pengelolaan industri yang kreatif, modern, dan mandiri, maka pertumbuhan ekonomi di Riau juga masih lambat. Dengan adanya pemanfaatan teknologi yang modern, maka sektor industri di Provinsi Riau menjadi lebih baik dan dapat menembus pasar nasional dan global”, jelasnya.

Asrizal dan jajarannya serta beberapa perwakilan IKM berkesempatan untuk berkeliling kampus PCR untuk melihat fasilitas dan aktifitas di laboratorium serta workshop PCR. Selain itu, mereka juga melihat beberapa karya mahasiswa PCR yaitu alat pengiris bawang otomatis serta alat pemerah lendir dan pengering biji cokelat.

“Karya-karya mahasiswa ini kreatif dan perlu untuk dikembangkan sehingga mahasiswa dapat berinovasi di dunia industri.  Dalam hal ini, pemerintah bersedia memfasilitasi dalam hal pengembangan teknologi industri”, tambahnya.

Direktur PCR Dadang Syarif menyambut baik dan hal ini merupakan tantangan bagus bagi PCR.

“Pada dasarnya kami sangat senang dan menyambut baik kerjasama PCR dengan pemerintah dalam hal pengembangan teknologi industri. Dan ini merupakan tantangan baru bagi kami”, katanya. # mediacenterriau.go.id



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 3 Oktober 2018
Rabu, 12 September 2018
Selasa, 11 September 2018
Minggu, 9 September 2018
Minggu, 9 September 2018

HUKRIM
Sabtu, 20 Oktober 2018
Jumat, 19 Oktober 2018
Jumat, 19 Oktober 2018
Kamis, 18 Oktober 2018
Kamis, 18 Oktober 2018