Senin, 22 Oktober 2018

Puluhan siswa tingkat SMA/SMK se-Kota Pekanbaru menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) bersempena dengan Milad Universitas Islam Riau (UIR) ke-56.

pendidikan | Selasa, 21 Agustus 2018 | Dibaca: 55
Milad UIR ke-56, Puluhan Siswa Ikuti Lomba Nasyid dan MTQ

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Puluhan siswa tingkat SMA/SMK se-Kota Pekanbaru menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) bersempena dengan Milad Universitas Islam Riau (UIR) ke-56.

Kegiatan yang berlangsung sejak 18 hingga 21 Agustus 2018 itu dipusatkan di Masjid Munawwaarah Kampus UIR Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru. Selain MTQ juga diperlombakan Nasyid.

Koordinator Seksi Acara MTQ dan Nasyid Anton Afrizal Candra, S.Ag, M.Si menyebutkan, cabang MGTQ yang diperlobakan itu terdiri dari tilawatil qur’an untuk kelompok putera dan puteri, hifzhil qur’an (putra/putri), da’i/da’iyah (putra/putri) dan nasyid (pergroup).

Menurut Anton, lomba seni baca al Qur’an dan Nasyid tingkat SMA/smk ini telah lama dipersiapkan UIR dalam untuk menyemarakkan Milad ke-56. ‘’Waktu pelaksanaannya kita sesuaikan dengan keadaan. Alhamdulillah respon peserta positif. Jumlahnya memang kita batasi sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia,’’ kata Anton di sela-sela acara perlombaan, Selasa pagi (21/8/18).

Anton menjelaskan, selain bertujuan menyambut pelaksanaan milad, lomba di bidang seni baca qur’an siswa SMA/SMK juga telah menjadi agenda tahunan UIR sebagai universitas bernafas Islam.

‘’Kita sekaligus ingin mensosialisasikan UIR kepada siswa-siswa SMA/SMK. Mana tahu setelah mereka tamat dari SMA/SMK mereka tertarik masuk UIR disamping untuk melatih mental mereka agar terbiasa mengikuti perlombaan. Saya kira beberapa diantara anak-anak SMA/SMK itu ada yang berbakat menjadi qori dan qoriah,’’ ungkap Anton, seperti dalam rilis yang diterima redaksi.

Ketua Panitia Milad UIR ke-56, Dr. H. Ujang Paman menyambut baik keikut-sertaan siswa SMA/SMK dalam setiap kegiatan milad yang digelar UIR. Menurutnya, acara seperti MTQ dan Nasyid memiliki berdampak positif tak hanya bagi sekolah, lebih dari itu bagi UIR dan agama.

‘’Tahun depan kita agendakan kembali sesuai kebutuhan. Sekolah-sekolah kita minta mempersiapkan qori dan qoriah terbaiknya,’’ kata Ujang Paman. (mediacenterriau.go.id)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 3 Oktober 2018
Rabu, 12 September 2018
Selasa, 11 September 2018
Minggu, 9 September 2018
Minggu, 9 September 2018

HUKRIM
Sabtu, 20 Oktober 2018
Jumat, 19 Oktober 2018
Jumat, 19 Oktober 2018
Kamis, 18 Oktober 2018
Kamis, 18 Oktober 2018