Senin, 19 November 2018

Turunnya harga kelapa petani di Kabupaten Indragiri Hilir membuat petani kelapa di Negeri Seribu Parit itu resah.

inhil | Minggu, 26 Agustus 2018 | Dibaca: 90
Harga Kelapa "Terjun", GEMPA Inhil Akan Gelar Aksi Damai

TEMBILAHAN, RIDARNEWS.COM - Turunnya harga kelapa petani di Kabupaten Indragiri Hilir membuat petani kelapa di Negeri Seribu Parit itu resah.

"Terjunnya" harga kelapa tersebut, membuat pertumbuhan ekonomi masyarakat petani kepala di Inhil ikut turun.

Kondisi ini menjadi bahan diskusi kalangan petani dan pemerhati kelapa di Kota Tembilahan, Ibu Kota Kabupaten Inhil.

Dari diskusi di kedai kopi, para petani dan pemerhati kelapa sepakat membentuk organisasi yang mereka namakan GEMPA dengan Presidium 1, Said Anel Oesman, SH.

Selain Said, di organisasi GEMPA juga ada presedium-presedium lainnya, seperti Zainudin Kasim, SH alias Acang dari Ikatan petani Kelapa Rakyat Kabupaten Inhil, Burhanuddin, S.IP dari Perhimpunan Petani Kelapa Indonesia, M zainal Redho, S.Pd dari HIPPAMABATA Inhil dan Alex Saputra Fauzi ketua HMI cabang Tembilahan.

Said Anel Oesman mengatakan dengan terbentuknya Presidium Gempa Inhil sebanyak 6 orang ditambah satu orang sekretaris bisa menjembatani antara petani dengan pemerintah. Sebagai bentuk dukungan agar harga kelapa bisa memuaskan petani dalam waktu dekat GEMPA akan menggelar aksi damai.

“Kami atas nama Aliansi GEMPA siap berdiri atas nama masyarakat dalam aksi damai untuk menyampaikan aspirasi terkait harga kelapa kepada pemerintah agar segera menaikkan harga kelapa, dalam hitungan hari kedepan," kata Said.

Menurut Said, rendahnya harga kelapa rakyat harus menjadi perhatian pemerintah untuk menaikkannya.

"Masalah harga adalah masalah mendasar yang harus disegerakan dan diatasi pemerintah Kabupaten Inhil,” tegas Said yang menjabat Presidium 1 Gempa Inhil itu dihadapan perwakilan masyarakat Kateman, Mandah, Pelangiran dan Pulau Burung. (muslimin)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 31 Oktober 2018
Rabu, 31 Oktober 2018
Rabu, 3 Oktober 2018
Rabu, 12 September 2018
Selasa, 11 September 2018

HUKRIM
Minggu, 18 November 2018
Sabtu, 17 November 2018
Kamis, 15 November 2018
Rabu, 14 November 2018
Senin, 12 November 2018