Kamis, 13 Desember 2018

Bawaslu Riau Sosialisasi Pengawasan Pemilu ke Parpol

politik | Senin, 17 September 2018 | Dibaca: 87
Bawaslu Riau Sosialisasi Pengawasan Pemilu ke Parpol

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau terus melakukan sosialisasi dan inovasi untuk mencegah pelanggaran pemilu, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan melakukan kunjungan silaturahim kepada Partai Politik yang menjadi peserta Pemilu dalam perlehatan 2019 tahun depan.

Sudah beberapa kali kunjungan dilakukan, dimulai dari Partai nomor urut 1 PKB,  seterusnya secara berturut turut ke Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, Garuda, PAN, PPP dan PSI.

Hari ini, Senin 17 September 2018, H.Amiruddin Sijaya Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Riau bersama Anderson Kepala Sekretariat Bawaslu berkunjung ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang berlokasi di jalan Arifin Ahmad No.34, Pekanbaru.

Kedatangan Amiruddin dan rombongan diterima dengan baik oleh pihak Hanura.

Sekitar 23 Orang Pengurus dan Bacaleg Partai Hanura hadir dalam acara tersebut. Terlihat hadir dr.H.Agus Widayat, MM selaku Ketua DPD Hanura Provinsi Riau turut menyambut kehadiran Bawaslu Riau.

"Untuk kawan-kawan Parpol jangan khawatir dan jangan curi start, karena masa untuk kampanye yang diberikan cukup panjang, dari tanggal 23 September 2018 hingga 14 April 2019". jelas Amir dalam sambutannya.

Dalam sesi tanya jawab, Amin, salah seorang Bacaleg Partai Hanura menanyakan regulasi pengawasan karena kenyataan dilapangan, pengawas lapangan sering berbeda pemahaman.

"Apakah pemahaman yang bapak sampaikan akan sama dengan Panwaslu? Karena saya pernah berdebat dan kami merasa dimata-matai oleh Panwaslu." tanya Amin.

"Terima kasih untuk informasinya pak Amin, untuk pemahaman tersebut, kami akan melakukan bimbingan teknis kepada seluruh Panwaslu yang ada di Riau", terang Amiruddin.

Acara berjalan lancar dan kekeluargaan. Acara ditutup sekitar pukul 11.50 WIB.

Kunjungan kerja dilanjutkan ke DPW Partai Bulan Bintang (PBB) di jalan H.M Yamin, Panam, Pekanbaru

H.Rasimah, salah seorang Bacaleg Kabupaten Bengkalis bertanya pada Amiruddin bahwa dirinya menemukan Bacaleg dari Partai lain yang melakukan pemasangan foto diri baik di pohon-pohon maupun di jalan.

Amiruddin menjelaskan bahwa, "Saat ini yang menjadi peserta Pemilu baru partai, jadi jika ada Bacaleg yang kampanye maupun money politik, silahkan ibu melapor dan jangan lupa bukti berupa foto, dan saksi harus disertakan saat melapor". Kata Amiruddin.

Hari ini Kunjungan berakhir di Kantor DPW Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang beralamat Gg.Keluarga Jalan Sekuntum, Tenayan Raya pada pukul 18.30-19.50 Wib.

Neil Antariksa selaku Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal turut hadir dalam kunjungan ini.

11 orang baik Bacaleg dan pengurus PKPI Provinsi Riau hadir dalam kunjungan Bawaslu kali ini.

H.Joni Hendra, Bacaleg PKPI bertanya, "Jika ada yang curi start saat kampanye itu bagaimana?".

Neil menjawab, "Masa Kampanye yang diberikan cukup lama kurang lebih 7 bulan lamanya, jadi jika kita lakukan saat ini kurang efektif juga saya rasa." Ujarnya.

Sementara itu jadwal untuk Partai Nasdem, Berkarya, PKS, Perindo, dan Demokrat masih menunggu konfirmasi, mungkin karna kesibukan pengurusnya, sehingga harus di jadwalkan dan ntuk beberapa hari kedepan, tutur Amiruddin Sijaya. (rls)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Kamis, 6 Desember 2018
Sabtu, 1 Desember 2018
Sabtu, 1 Desember 2018
Kamis, 29 November 2018
Kamis, 29 November 2018

HUKRIM
Senin, 10 Desember 2018
Minggu, 9 Desember 2018
Kamis, 6 Desember 2018
Kamis, 6 Desember 2018
Rabu, 5 Desember 2018