Selasa, 18 Desember 2018

Balai Besar Balai Konservasi Sumber Daya Alam Riau selaku Unit Pelaksanaan Tekhnis (UPT) pelaksanaan pengelolaan dua kawasan SM Balai Raja dan SM PLG Sebanga menggelar konsultasi publik di Hotel Pantai Marina, Bengkalis, Rabu, 19 September 2018.

lingkungan | Rabu, 19 September 2018 | Dibaca: 91
BBKSDA Riau Gelar Konsultasi Publik di Bengkalis

BENGKALIS, RIDARNEWS.COM - Balai Besar Balai Konservasi Sumber Daya Alam Riau selaku Unit Pelaksanaan Tekhnis (UPT) pelaksanaan pengelolaan dua kawasan SM Balai Raja dan SM PLG Sebanga menggelar konsultasi publik di Hotel Pantai Marina, Bengkalis, Rabu, 19 September 2018.

Konsultasi Publik dihadiri oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kabupaten Bengkalis, Mohammad Azmir, Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkalis, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis, Camat, Kepala Desa dan masyarakat sekitar kawasan SM Balai Raja Dan SM PLG Sebanga.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Teknis Balai Besar KSDA Riau, M. Mahfud.

Konsultasi publik ini secara umum, bertujuan untuk meningkatkan legitimasi dan efektifitas penyusunan dokuman penataan Blok Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja dan Suaka Margasatwa (SM) Plg Sebanga, karena Dokumen Blok yang dihasilkan memperoleh dukungan dari para stakeholder yang hadir pada acara konsultasi publik, meningkatkan partisipasi masyarakat, meningkatkan kualitas Dokuman Penataan Blok Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja Dan Suaka Margasatwa (SM) Plg Sebanga.

Sedangkan tujuan secara khusus dari kegiatan Konsultasi Publik ini adalah untuk memperoleh masukan dan informasi tambahan secara eksternal dari instansi-instansi pemerintah terkait lainnya dan masyarakat, berdasarkan masukan-masukan para pihak dalam konsultasi publik, selanjutnya dilakukan finalisasi dokumen Penataan Blok Pengelolaan SM Balai Raja dan SM PLG Sebanga.

Konsultasi Publik menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi:

1. Blok Pengelolaan SM Balai Raja dan SM PLG Sebanga yang disusun diharapkan mendukung pelestarian kawasan sesuai fungsi dan tujuan pengelolaan kawasan berwawasan lingkungan.

2. Kondisi eksisting kawasan SM Balai Raja dan SM PLG Sebanga yang saat ini terdapat permukiman, perkebunan, pertambangan dan fasilitas umum sudah masuk dalam Blok Khusus dengan persentase + 97 % yang di dorong dengan upaya melakukan program bersama masyarakat baik dalam mendorong kelestarian kawasan serta upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan wisata alam dan penanaman tanaman non sawit yang bermanfaat bagi masyarakat.

3. Kawasan SM Balai Raja dan SM PLG Sebanga sebagai pendukung pendidikan, penelitian dan penyadartahuan konservasi alam serta bersinergi dengan rencana pengembangan wilayah sekitarnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

4. Berkenaan dengan kebutuhan kooridor dan home range gajah terutama pada blok khusus maka perlu diupayakan pemulihan dan penetapan koridor sehingga akan meminimalisasi munculnya konflik satwa.

5. Perlunya tindaklanjut di tingkat pusat atas kondisi eksisting di Suaka Margasatwa Balai Raja dan Suaka Margasatwa PLG Sebanga yang saat ini sebagai Blok Khusus. (rls)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Jumat, 14 Desember 2018
Kamis, 13 Desember 2018
Kamis, 13 Desember 2018
Kamis, 13 Desember 2018
Rabu, 12 Desember 2018

HUKRIM
Senin, 17 Desember 2018
Senin, 17 Desember 2018
Kamis, 13 Desember 2018
Kamis, 13 Desember 2018
Rabu, 12 Desember 2018