Kamis, 13 Desember 2018

Peran Pers Beri Ruang Kepada Publik Pelaksanaan Pemilu

politik | Jumat, 21 September 2018 | Dibaca: 89
Peran Pers Beri Ruang Kepada Publik Pelaksanaan Pemilu

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Peran Pers dalam pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) memang sangat penting. Bagaimana tidak, sebagai pilar ke-4 demokrasi, Pers memiliki peran central dalam memberikan ruang kepada publik untuk mengetahui maupun mengkritisi setiap pelaksanaan Pemilu.

Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan saat Pemberian Penghargaan pada pembukaan acara Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Bawaslu Kab/Kota dan Panwas Kecamatan Se Riau 2018, Jumat (21/9/18).  

Acara ini dibuka langsung oleh Plt Gubernur Riau yang diwakili Sekda Provinsi Ahmad Hijazi.

Kegiatan yang digelar di hotel Furaya Pekanbaru itu turut mengundang seluruh insan pers Provinsi Riau serta pimpinan media.

Hadir sebagai Pembicara Utama dalam kegiatan tersebut Ketua Bawaslu RI periode 2012-2017, Prof Dr Muhammad, S.Ip, M.Si yang saat ini menjabat sebagai Anggota DKPP RI, Plt Gubernur Riau diwakili oleh Sekda Prov Ahmad Hijazi, Bupati/Walikota se-Riau, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Kapolda Riau, Kesbangpol, Forkopimda Provinsi, Stake Holder, Bawaslu Kabupaten/Kota serta para pengawas pemilu di tingkat kecamatan se-Riau.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian evaluasi pelaksanaan pengawasan Pilgubri 2018, yang sekaligus sebagai ucapan rasa syukur dan terima kasih Bawaslu Riau dengan terlaksananya Pilgubri yang aman, bersih dan damai," kata Rusidi dalam sambutannya.

Ia menambahkan, selain penghargaan untuk insan pers, pihaknya juga memberikan Penghargaan kepada Bawaslu Kota Pekanbaru, dengan nominasi pengelolaan SDM terbaik, Sosialisasi pengawasan terbaik.

Ditambah Panwaslucam terbaik yang berasal dari Kecamatan Rumpes diperingkat ke dua dan terbaik ke-tiga pada nominasi pengawas pemilu lapangan dari PPL Kelurahan Kampung Bandar.

"Kami juga memberikan penghargaan kepada masyarakat yang turut aktif membantu, mengawasi dan memberi masukan positif terhadap pelaksanaan pemilu," lanjutnya.

Secara khusus, lanjut dia, kegiatan yang digelar sebagai apresiasi kepada setiap insan yang telah ikut mensukseskan Pilgubri tahun ini.

Sementara itu, Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP) Republik Indonesia yang merupakan mantan Ketia Bawaslu RI, Prof, Muhammad mengatakan, "Provinsi Riau salah satu Provinsi yang tingkat penangan pelanggarannya dapat ditangani dengan baik".

"Penyelenggara Pemilu perlu dukungan atau support dari berbagai pihak agar penyelenggaraan pemilu dapat sesuai aturan", harapnya.

"Pada 2019 nanti kita berharap dapat berjalan dengan baik, jaga kekompakkan, terutama Bawaslu Kabupaten/Kota yang saat ini sudah permanen sehingga pemilu yang akan datang dapat lebih baik," ujar Prof, Muhammad menutup sambutannya. (rilis)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Kamis, 6 Desember 2018
Sabtu, 1 Desember 2018
Sabtu, 1 Desember 2018
Kamis, 29 November 2018
Kamis, 29 November 2018

HUKRIM
Senin, 10 Desember 2018
Minggu, 9 Desember 2018
Kamis, 6 Desember 2018
Kamis, 6 Desember 2018
Rabu, 5 Desember 2018