Senin, 19 November 2018

Foto bersama Camat Sukajadi yang diwakili Sekretaris Kecamatan Sukajadi, Audie Satria, Lurah Jadirejo beserta jajarannya, ketua LPM Kelurahan Jadirejo, Syafril Kamal, Danramil 06/sukajadi, Kapten Kav Agus Sam, tokoh masyarakat se-Kelurahan Jadirejo

lingkungan | Selasa, 16 Oktober 2018 | Dibaca: 87
Perdana, Kelurahan Jadirejo Miliki Bank Sampah

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Camat Sukajadi yang diwakili Sekretaris Kecamatan Sukajadi, Audie Satria meresmikan bank sampaj di Kelurahan Jadirejo, Selasa, 16 Oktober 2018, sekira pukul 14.00 WIB.

Dengan peresmian ini, Kelurahan Jadirejo menjadi kelurahan yang memiliki bank sampah untuk pengolahan sampah-sampah organik dan anorganik yang dihasilkan masyarakat sekitar.

Peresmian bank sampah, turut dihadiri Camat Sukajadi yang diwakili Sekretaris Kecamatan Sukajadi, Audie Satria, Lurah Jadirejo beserta jajarannya, ketua LPM Kelurahan Jadirejo, Syafril Kamal, Danramil 06/sukajadi, Kapten Kav Agus Sam, tokoh masyarakat se-Kelurahan Jadirejo dan para undangan.

Lurah Kelurahan Jadirejo, Efri Budianti, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan rasa bersyukur dan berterimakasih telah mewujudkan bank sampah di Kelurahan Jadirejo.

"Kami telah melakukan sosialisasi ke warga-warga melalui arisan, PKK, dan kegiatan lainnya, bahwa di kelurahan Jadirejo akan diadakan Bank Sampah. Disamping itu, bank sampah memiliki peran yang sangat penting. Keberadaan bank sampah ini sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kecamatan terhadap kebersihan lingkungan Kota Pekanbaru," ujar Lurah Jadirejo.

Selain itu juga bisa membantu menyerap tenaga kerja dan ekonomi masyarakat. Karena sampah-sampah yang dikumpulkan pegawai maupun masyarakat terutama yang anorganik, seperti botol minuman mineral, plastik kemasan berbagai produk dan sampah anorganik lainnya.

Selanjutnya, Camat Sukajadi yang diwakili Sekretaris Kecamatan Sukajadi, Audie Satria mengatakan bank sampah di Kelurahan Jadirejo memiliki peran sangat penting. Sampah yang dikumpulkan terutama bahan anorganik jika didaur ulang menjadi kerajinan yang bernilai ekonomis. Seperti dompet, tas dan beberapa produk kerajinan lainnya.

"Saya berharap pembukaan bank sampah di Kelurahan Jadirejo ini bukan seromonial saja, harus ada langkah dan gebrakan untuk kedepannya. Mengingat letak Kelurahan Jadirejo ini berada ditengah-tengah pasar Cikpuan," ujar Sekcam Sukajadi.

Selama ini, kata mantan Sekcam Senapelan, kita menganggap sampah menjadi musuh dalam kehidupan dan tidak bisa diapa-apakan, ternyata ditempat daerah lain, orang lain bisa mengolah sampah tersebut dan menjadikan sumber pendapatan bagi keluarganya.

Selanjutnya, Danramil 06/Sukajadi, Kapten Kav Agus Sam mengatakan kegiatan bank sampah yang akan dikelola oleh Kelurahan Jadirejo sangat membantu program Pemerintah terutama mengenai masalah sampah.

"Jika kita perhatikan di Kota Pekanbaru banyak sampah bertebaran dijalan-jalan, orang membuang sampah sembarangan padahal tempat pembuangan sampah telah disediakan oleh Pemerintah, kesadaran belum mereka miliki, namun dengan adanya kegiatan bank sampah, kita mengajak masyarakat dan mengatakan bahwa sampah itu bisa dikelola dengan baik dan mendapat sumber pendapatan tambahan bagi keluarga," ujar Kapten Kav Agus Sam. (rima)






BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 31 Oktober 2018
Rabu, 31 Oktober 2018
Rabu, 3 Oktober 2018
Rabu, 12 September 2018
Selasa, 11 September 2018

HUKRIM
Minggu, 18 November 2018
Sabtu, 17 November 2018
Kamis, 15 November 2018
Rabu, 14 November 2018
Senin, 12 November 2018