Minggu, 18 November 2018

Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) menggelar konferensi pers di hotel Premier jalan Jend Sudirman, Pekanbaru, Sabtu, (20/10/18)

lingkungan | Sabtu, 20 Oktober 2018 | Dibaca: 100
Pekanbaru Kembali Jadi Tuan Rumah Pertemuan Ahli Geologi

 

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Untuk kedua kalinya Kota Pekanbaru, Riau, menjadi tuan rumah pertemuan tahunan ahli geologi Indonesia dan mancanegera. Pada tahun 2006 lalu, para ahli geologi juga melakukan pertemuan di Ibu Kota Provinsi Riau berjuluk Smart City Madani.

 

Siaran pers yang diperoleh Ridarnews.com dari panitia di Pekanbaru, Sabtu (20/10/18), siang, pertemuan ilmiah yang ke-47 itu mengangkat tema "Sustainable Management of Natural Resources and Environment for Indonesia".  Sebagai informasi, ini untuk kedua kalinya Kota Madani julukan Kota Pekanbaru menjadi tuan rumah pertemuan ilmiah tahunan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (PIT-IAGI) akan dilaksanakan pada 29 Oktober hingga 1 November 2018. Diikuti sebanyak 500 geolog dalam dan luar negeri. 

 

Panitia menyatakan acara tersebut akan dihadiri oleh pejabat tinggi dari pemerintah pusat, Menteri PUPR, Wamen ESDM, Kepala BMKG, Kepala BNPB dan Kepala Badan Restorasi Gambut. 

 

Diharapkan dari pertemuan itu akan melanjutkan penelitian dan pemetaan potensi-potensi alam Riau yang bisa dikembangkan.

 

Sederet nama pembicara dari kalangan profesional dan praktisi akan mengisi diskusi panel, diantaranya Dirut Inalum, Dirut PLN, Dirut Perumbas, Presdir Pertamina EP, Bupati Siak, GUbernur Riau, Kepala BNPB dan Kepala BRG. 

 

Selain itu ada juga ahli geologi Dr Udrekh dari BPPT, Ketua Tim Peneliti Dr Widjo Kongko, Peneliti Yudi Prabangkara, Wisnu Widjaya dari BNPB, Haryadi Permana dari LIPI dan lainnya.

 

Selain itu, pada acara tersebut juga akan diluncurkan Geowisata Ulu Kasok-Gulamo di Kabupaten Kampar, bedah buku SKK Migas dan beberapa workshop dari perusahaan-perusahaan.

 

Ketua IAGI Pengda Riau, Irdas mengatakan, pertemuan itu diharapkan menghasilkan kontribusi untuk pengembangan sumber daya alam dan ekonomi praktis di Riau secara khusus. 

 

"Potensi-potensi geologi di Riau harus bisa dieksplorasi secara maksimal dan diinventarisasi dengan pengelolaan database yang baik," katanya.

 

Irdas berharap kedepan IAGI Pengda Riau mampu berperan dalam pengelolaan sumber daya geologi Riau, sehingga membantu Riau menjadi daerah mandiri energi.

 

Koordinator EOR, Multihadi menambahkan, IAGI juga akan menggelar IAGI Goes to School pada 22 Oktober 2018. Ini salah satu program kepedulian IAGI dalam meningkatkan dunia pendidikan dan memperkenalkan ilmu geologi kepada siswa dan siswi di Riau. 

 

"Nantinya akan diikuti seluruh siswa-siswi SMA se Pekanbaru dan puncaknya adanya Earth Olympic of Riau, Kompetisi Geologi tingkat SMA se-Pekanbaru pada 28 Oktober 2018," katanya. 

 

Harapannya, dengan adanya program ini, generasi muda akan mengerti tentang Geologi dan mendapatkan pencerahan tentang Geologi kelak, jika ingin melanjutkan pendidikan ke jurusan Geologi.(Rima)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 31 Oktober 2018
Rabu, 31 Oktober 2018
Rabu, 3 Oktober 2018
Rabu, 12 September 2018
Selasa, 11 September 2018

HUKRIM
Sabtu, 17 November 2018
Kamis, 15 November 2018
Rabu, 14 November 2018
Senin, 12 November 2018
Minggu, 11 November 2018