Senin, 10 Desember 2018

Rangka memperingati Hari AIDS Sedunia Tahun 2018Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si yang didampingi Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Indra Pomi, ST, M. Si mengadakan aksi Simpatik, di depan K

kesehatan | Sabtu, 1 Desember 2018 | Dibaca: 10
Peringati Hari AIDS Sedunia, Pemko Pekanbaru Adakan Aksi Simpatik

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Rangka memperingati Hari AIDS Sedunia Tahun 2018Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si yang didampingi Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Indra Pomi, ST, M. Si mengadakan aksi Simpatik, di depan Kantor Gubernur Riau, Sabtu, (1/12/2018).

"Untuk merespon penyebaran epidemi HIV dan AIDS di Kota Pekanbaru, perlu dukungan semua pihak tidak hanya pemerintah tapi peran tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, dunia usaha dan masyarakat luas," ujar Ayat Cahyadi.

Pendekatan nilai-nilai agama dan norma-norma menjadi penting untuk diupayakan.

"Peran keluarga menjadi sangat strategis, karena dengan ketahanan keluarga dan saling menjaga di keluarga kewaspadaan terhadap penyebaran AIDS diharapkan besar," ucapnya lagi.

Selain itu diharapkan upaya kampanye ke masyarakat dilaksanakan berkelanjutan tidak hanya pada saat peringatan HAS.

Secara regulasi, lanjut Ayat yang juga Wakil Walikota Pekanbaru, Pemerintah Kota Pekanbaru telah memiliki Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 32 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di Kota Pekanbaru. Dalam Perwako ini juga diatur peran keluarga dan lintas sektor dalam penanggulangan AIDS.

Oleh sebab itu, kami berharap semua pihak dapat peduli dan mewaspadai dari penyebaran HIV, minimal untuk lingkungan masing-masing. Khusus untuk dunia usaha yang banyak mempekerjakan laki-laki diharapkan juga dapat melaksanakan upaya penanggulangan AIDS di lingkungan masing-masing.

Apalagi khusus di tempat kerja telah diatur dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 68 tahun 2004 tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV & AIDS di tempat kerja.

Hal senada juga dikatakan Plt Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Indra Pomi, menurutnya sejak Januari hingga bulan Oktober 2018, temuan kasus HIV mencapai 161 kasus dan 158 kasus AIDS.

Berdasarkan jenis kelamin kumulatif kasus AIDS sebagian besar ditemukan pada laki-laki sebesar 1.004 atau 74 % dan 360 kasus atau 26 % pada perempuan. Jika dilihat dari sisi usia secara kumulatif sampai Oktober 2018 sebagian besar merupakan usia produktif yaitu usia 25 – 49 tahun yang mencapai 1.043 kasus HIV dan 1.291 kasus AIDS. Namun ditemukan juga pada usia dibawah lima tahun yang mencapai 36 kasus HIV dan 40 kasus AIDS. Kasus temuan kasus kumulatif pada kasus ibu rumah tangga juga tergolong tinggi yang mencapai 140 kasus HIV dan 163 kasus AIDS.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan telah menyediakan layanan konseling dan pengobatan di 21 Puskesmas.

"Harapannya tentu masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ini. Hal ini sejalan dengan tema peringatan HAS 2018 adalah Saya Berani Saya Sehat yang tujuanya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap AIDS dengan berani mengakses layanan kesehatan," ujar Ketua DPW Jamiyah Batak Muslim Indonesia(JBMI) Provinsi Riau.

Kegiatan peringatan HAS 2018 tidak hanya dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2018 tetapi juga dilaksanakan di hari lain termasuk kegiatan inistaif dari masyarakat, antara lain di arena CFD pada tanggal 2 Desember juga dilaksanakan kegiatan oleh Relawan dari Mesjid ke Mesjid dan Forum Genre Pekanbaru.

Oleh sebab itu pada kesempatan ini kami sampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan memperingati HAS 2018.Khusus untuk kegiatan aksi simpatik ini, didukung oleh lembaga peduli AIDS antara lain Yayasan Utama, PKBI Daerah Riau, Yayasan Lancang Kuning dan kader masyarakat peduli AIDS dampingan Yayasan Utama. (rls)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Kamis, 6 Desember 2018
Sabtu, 1 Desember 2018
Sabtu, 1 Desember 2018
Kamis, 29 November 2018
Kamis, 29 November 2018

HUKRIM
Kamis, 6 Desember 2018
Kamis, 6 Desember 2018
Rabu, 5 Desember 2018
Rabu, 5 Desember 2018
Rabu, 5 Desember 2018