Rabu, 20 Maret 2019

Mengetahui adanya warganya yang terdampak banjir, Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno langsung turun kelapangan meninjau daerah yang terdampak banjir tersebut.

adv | Minggu, 9 Desember 2018 | Dibaca: 144
Kurangi Terdampak Banjir, Bupati Instruksikan Instansi Terkait Beri Penyuluhan

BAGANSIAPIAPI, RIDARNEWS.COM - Tingginya curah hujun belakangan ini membuat beberapa kawasan di Kecamatan Pekaitan, Bangko Pusako, Bangko, Batu Hampar tergenang. Akibatnya, puluhan keluarga terdampak banjir.

Mengetahui adanya warganya yang terdampak banjir, Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno langsung turun kelapangan meninjau daerah yang terdampak banjir tersebut.

Saat mengunjungi kawasan yang terkena banjir itu, H Suyatno menginstruksikan instansi terkait agar segera mengambil langkah meringankan beban warga yang terdampak banjir dan memberi penyuluhan untuk memenimalisir dampak banjir.

Bupati mengingatkan, agar jajarannya dan pihak-pihak terkait termasuk masyarakat untuk melakukan langkah-langkah yang tepat dan berupaya mengatasi, mengantisipasi dan membantu masyarakat yang terkena dampak banjir.

Banjir yang melanda beberapa kawasan di Kecamatan Pekaitan, Bangko Pusako, Bangko, dan Batu Hampar disebabkan tinggainya curah hujan dari September 2018. Bahkan intensitas hujan akan terus berlangsung sampai Februari 2019 nanti.

Genangan air semakin tinggi, akibat dari intensitas curah hujan yang tinggi, semakin tinggi karena naiknya permukaan air laut (di Rohil dikenal dengan istilah pasang keliling). Akibatnya, arus air ke laut tertahan. Kondisi ini membuat genangan air yang menggenangi rumah warga bisa berhari-hari.

Selain itu, tersumbatnya parit oleh sampah rumah tangga, endapan lumpur akibat pasang laut di muara saluran pembuangan ke Sungai Rokan salah satu sebab lambatnya banjir surut.

Selain itu, tingginya curah hujan di Kabupaten Rokan Hilir membuat debit air Sungai Rokan naik. Kondisi ini membuat  beberapa daerah di sepanjang bantaran Sungai Rokan, mulai dari Rokan Hulu sampai ke Sinaboi Kebupaten Rokan Hilir rawan banjir.

Dampak Banjir

Banjir di beberapa kawasan di Kabupaten Rohil menimbulkan berbagai dampak. Seperti dampak sosial dan ekonomi.

Sebab, banjir mempengaruhi warna air laut. Kondisi ini, membuat berkurangnya tangkapan para nelayan. Sebab, ikan lebih cendrung mencari air laut yang lebih bersih dan asin.

Sedangkan akibat banjir, para petani gagal panen. Karena areal pertanian mereka yang sudah siap panen digenangi air. Selain itu, warga yang terdampak banjir juga rentan terjangkit penyakit demam berdarah, penyakit kulit dan diare.

Akibat lainnya, arus transportasi terganggu, karena beberapa ruas jalan tergenang air dan rusak. Untuk itu, Bupati menginstruksikan instansi terkait agar melakukan kajian maupun penyuluhan untuk meminimalisir dampak banjir.

Salah satunya, Pemerintah Kabupaten Rohil membuka posko pengungsian terhadap masyarakat tedampak banjir ke tempat yang lebih aman dan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak banjir. (Advertorial)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 19 Maret 2019
Selasa, 19 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019

HUKRIM
Selasa, 19 Maret 2019
Sabtu, 16 Maret 2019
Sabtu, 16 Maret 2019
Kamis, 14 Maret 2019
Kamis, 14 Maret 2019