Rabu, 20 Maret 2019

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau melalui dana APBN akan melanjutkan pemmbangun pelabuhan laut berskala internasional di Kota Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko.

adv | Minggu, 9 Desember 2018 | Dibaca: 186
Dibiayai APBN, Pemkab Rohil Bangun Pelabuhan Internasional

ROKAN HILIR, RIDARNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau melalui dana APBN akan melanjutkan pemmbangun pelabuhan laut berskala internasional di Kota Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko.

Bupati Rohil Suyatno mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perhubungan RI yang telah peduli terhadap pembangunan pelabuhan yang berada didaerah pesisir Riau.

Apalagi, saat ini Kabupaten Rokan Hilir tidak lagi memiliki pelabuhan yang representatif. Ditambah lagi, posisi Rokan Hilir yang strategis sebuah peluang ekonomi yang luar biasa.

"Kalau kita pandang ke kiri, sejauh mata memandang kelihatan Selat Malaka. Jadi mungkin dari situ Pak Menteri membangun pelabuhan kita ini.  ini semuanya anggaran dari APBN," jelasnya.

Pelabuhan tersebut, kata dia, sempat mangkrak (terbengkalai). Karena pemerintah daerah belum melepaskan kawasan itu untuk dijadikan sertifikat tanah, dan itu diserahkan kepada pihak Kementerian Perhubungan.

"Kita berupaya melakukan pendekatan dengan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) akhirnya ini sudah ada sertifikatnya, sudah kita serahkan kepada pihak Kementerian Perhubungan. Makanya anggaran itu ditambah dan dilanjutkan pembangunannya. 2018 ini dapatlah kita anggaran sekitar Rp20 miliar lebih untuk melanjutkan pelabuhan yang ada sekarang ini," ujar Bupati.

Bupati juga mendapat laporan bahwa pada 2019 nanti akan ada lagi bangunan fisik berupa terminal, kantor dan lainnya.

Ia berharap semua rencana pembangunan tersebut, baik itu pembangunan dermaga maupun kantor dan terminal tersebut akan rampung pada 2019.

"Saya pikir ini suatu peningkatan, perhatian penuh terhadap Rohil karena kita berada didaerah pesisir, dari pihak kementerian terkait akan menambah anggaran untuk pelabuhan kita ini," tuturnya.

Tinggal lagi, jika pembangunan pelabuhan sudah selesai, Pemerintah Kabupaten Rohil akan membangun infrastruktur seperti jalan. Karena pelabuhan ini pusat tempat orang transportasi barang masuk dan barang keluar.

"Dengan adanya pelabuhan ekonomi masyarakat akan meningkat dan pendapatan asli daerah (PAD) akan ada perubahan-perubahannya," kata Suyatno.

Selain itu, di Panipahan Ibu Kota Kecamatan Pasir Limau Kapas, Pemkab Rohil juga berencana membangun pelabuhan. Sebab kecamatan tersebut merupakan wilayah yang berbatasan dengan Selat Melaka dan negara tetangga Malaysia. (Advertorial)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 19 Maret 2019
Selasa, 19 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019

HUKRIM
Selasa, 19 Maret 2019
Sabtu, 16 Maret 2019
Sabtu, 16 Maret 2019
Kamis, 14 Maret 2019
Kamis, 14 Maret 2019