Selasa, 19 Maret 2019

pendidikan | Sabtu, 29 Desember 2018 | Dibaca: 60
2019, Himaprodi BK Buka Pendaftaran OBK kelima

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Awal tahun mendatang, tanggal 1 Januari-9 Maret 2019, Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Bimbingan Konseling (BK) Universitas Riau (Unri) akan membuka pendaftaran Olimpiade Bimbingan Konseling (OBK) kelima, yang akan dilaksanakan tanggal 11 Maret sampai 15 Maret 2019.

Adapun tema yang diusung "Meningkatkan eksistensi diri melalui olimpiade".

Menurut ketua panitia penyelenggara, Annisa Widya mengatakan, bahwa untuk pemilihan tema sendiri adanya perbedaan antara tahun depan dengan tahun lalu.

"Dalam olimpiade tahun lalu lebih kepada prestasi, namun untuk tahun depan ini terfokus pada eksistensi diri, alasannya adalah agar masyarakat dan siswa mengetahui adanya Prodi serta peranan dari BK itu sendiri," ucap Annisa.

"Biar masyarakat maupun siswa lebih tahu, adanya prodi BK, dan mengetahui fungsi serta kegunaan dari guru BK di sekolah," kata Annisa di Unri, Jumat (28/12/2018).

Annisa juga menjelaskan nantinya ada 9 cabang lomba yang bisa diikuti di antaranya Rangking 1, kampanye pendidikan, teacher style, akustik, cerdas cermat,  video, konseling kelompok, konseling kreatif, dan papan bimbingan.

Dalam 9 cabang lomba tersebut, bisa diikuti oleh pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan juga terbuka untuk umum. Jika yang bisa diikuti oleh umum yaitu Rangking 1.

Ia juga menambahkan untuk cabang olimpiade kampanye pendidikan, peserta yang ingin mengikuti diwajibkan membuat kampanye berupa video dan langsung diantarkan ke stand pendaftaran.

Selain itu, untuk kampanye ini sendiri tidak ada durasinya dan kampanye ini bersifat bebas yang penting mengandung unsur pendidikan.

"Kalau kampanye itu tidak ada durasi khusus, karena disitu dia boleh orasi tentang pendidikan melalui, poster, famplet, video, dubsmash dan sebagainya," tambahnya.

Ia juga menyebutkan alasan mengapa lebih memilih berbentuk video, Karena menurutnya jika kampanye pendidikan dilakukan secara langsung, ia kuatir tidak cukupnya waktu dalam pelaksanaan lomba tersebut. Oleh karna itu ia memilih melalui video diharapkan waktunya lebih efisien.

Untuk pengantaran video kampanye pendidikan ini bisa di antar mulai tanggal pendaftaran. Selain itu panitia tidak akan membuat perpanjangan pendaftaran, karena tanggal tersebut sudah ditargetkan dari H-3 sebelum pelaksanaan olimpiade. (mediacenterriau)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Sabtu, 16 Maret 2019
Sabtu, 16 Maret 2019

HUKRIM
Sabtu, 16 Maret 2019
Sabtu, 16 Maret 2019
Kamis, 14 Maret 2019
Kamis, 14 Maret 2019
Kamis, 14 Maret 2019