Senin, 24 Juni 2019

Persatuan Keluarga Daerah Pariaman dan Sekitarnya (PKDP) mengadakan acara maulid dengan berzikir (Badikie) semalam suntuk di Masjid Nurul Amal, Pasarbaru, Pangkalankerinci, Pelalawan.

pelalawan | Minggu, 30 Desember 2018 | Dibaca: 129
Sajikan 1000 Batang Lemang
Tahun Depan, PKDP Pelalawan Zikir Semalam Suntuk

PELALAWAN, RIDARNEWS.COM - Jika tidak ada aral merintang, 7 Januari 2019 mendatang, Persatuan Keluarga Daerah Pariaman dan Sekitarnya (PKDP) mengadakan acara maulid dengan berzikir (Badikie) semalam suntuk di Masjid Nurul Amal, Pasarbaru, Pangkalankerinci, Pelalawan.

Acara berzikir semalam suntuk ini mendatangkan 10 para ulama (Tuangku) dari Pariaman, mereka berzikir hingga jelang salat subuh dan siangnya warga PKDP makan bersama alias "Basantok".

Ketua Panitia Maulid nabi PKDP, Fajar menyebutkan kemeriahan menyambut acara ini masyarakat PKDP Pelalawan menyediakan 1000 batang Lemang (Lamang) untuk dibagikan warga sekitar dan tamu undangan, rencana acara ini akan dihadiri dua bupati.

"Menurut rencana Bupati Pariaman dan Bupati Pelalawan, akan menghadiri acara yang kami adakan setiap tahun ini,"jelas Fajar, Ahad, (30/12/18).

Selain itu, lanjut Fajar acara Maulid Nabi yang dilakukan ini sesuai tradisi urang awak Pariaman ini, baik dikampung maupun diadakan di Pangkalankerinci caranya sama.

"Mungkin cara serupa ini ada di Pariaman, dan beberapa daerah yang mengadakan tradisi Zikir dengan lantunan seperti lagu ini juga diadakan diluar daerah, tapi biasanya yang mengadakan juga warga Pariaman," jelasnya.

Namun kata Fajar acara kali ini beda sebab 1000 batang lamang ini baru pertama terdengar. Ide ini dirancang PKDP Pelalawan, guna meningkatkan silaturahmi antara warga PKDP dengan masyarakat tempatan dan juga dengan tujuan mamperkuat Ukhuwah Islamiah sesama warga.

"Kita selaku warga merantau akan terus bersinergi dengan warga sekitar, karena sanak kami tinggal dikampuang, maka diperantauan sanak yang kami dapati, tentunya mengikut aturan daerah "adat diisi limbago dituang", jelasnya.

Dia berharap semoga acara ini berjalan lancar dan warga PKDP dengan acara ini tambah solid apalagi dalam mencari pemimpin kedepan mereka semoga tidak salah pilih, sebab aspirasi warga akan diperhatikan pemimpin kalau mereka amanah, dan selain itu dia meminta doa restu pada seluruh lapisan masyarakat agar acara 1000 batang lamang ini sukses.

"Doakan kami ya, semoga acara ini sukses dan lancar," pungkasnya. (rls)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Jumat, 21 Juni 2019
Kamis, 20 Juni 2019
Selasa, 18 Juni 2019
Sabtu, 15 Juni 2019
Sabtu, 15 Juni 2019

HUKRIM
Minggu, 23 Juni 2019
Jumat, 21 Juni 2019
Jumat, 21 Juni 2019
Kamis, 20 Juni 2019
Rabu, 19 Juni 2019