Rabu, 27 Maret 2019

Kegiatan Upacara Apel Senin dilaksanakan di halaman SMUN 2, Jalan Nusa Indah IV, Kelurahan Labuhbaru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Senin, 4 Maret 2019, pukul 07.00 WIB.

bahasa | Senin, 4 Maret 2019 | Dibaca: 145
Babinsa Koramil 06/Sukajadi Laksanakan Upacara di SMUN 2

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Danramil 06/Sukajadi melalui Babinsa 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbaru melaksanakan upacara Apel Senin pagi.

Kegiatan Upacara Apel Senin dilaksanakan di halaman SMUN 2, Jalan Nusa Indah IV, Kelurahan Labuhbaru Timur, Kecamatan Payung Sekaki, Senin, 4 Maret 2019, pukul 07.00 WIB.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Sersan Kepala Budi Mulia Danpos  Ramil 06/Sukajadi Kecamatan Payung Sekaki.

Upacara Bendera ini yang bertindak sebagai Komandan Upacara, Sulton Siswa kelas XI IPA 4, Pembawa bendera, Yesima Siswi kelas XI IPA 1 dan diapit oleh Fahran dan Fadhil Siswa kelas X IPA 1.

Dihadapan ratusan siswa/i SMUN 2, Sersan Kepala Budi Mulia Danpos  Ramil 06/Sukajadi membacakan amanat berupa ;

- pelaksanaan Upacara Bendera harus hikmad dan tidak ada gerakan tambahan pada saat penghormatan kepada Bendera, ini merupakan wujud nyata peserta didik dalam Bela Negara untuk mengisi kemerdekaan.

- mengajak dan mengimbau peserta didik agar selalu patuh dan disiplin dalam kehidupan sehari hari.

- selalu menghormati orang tua dan guru, menghargai sesama rekan.

- hindari Narkoba dan pergaulan bebas.

- bentengi diri dengan iman dan rajin beribadah sesuai agama yang dianut.

- selalu berbudaya  hidup bersih diri dan lingkungan sekitar.

"Sebagai warga negara Indonesia kita wajib membela Negara dari segala ancaman," ujar Sersan Kepala Budi Mulia.

Pelaksanaan Upacara Bendera ini merupakan tugas Kewilayahan Babinsa dalam hal Bela Negara untuk menumbuh-kembangkan rasa cinta tanah air kepada Siswa/i sebagai generasi penerus Bangsa untuk mengisi kemerdekaan dengan menghormati dan menghargai Bendera Merah Putih.

Upacara bendera juga diikuti oleh Kepala Sekolah SMUN 2, Drs. Kasim, Ketua Komite SMUN 2, Darman Sisnur, SH, MH, Babinsa Kecamatan Payung Sekaki Koramil 06/Sukajadi, para majelis guru dan siswa/i
     
Usai melaksanakan upacara Danpos Serka Budi Mulia yang didampingi Wali kelas Masril, S.Pd memberikan materi Bela Negara kepada 40 Siswa- siswi kelas XI MIPA 3.

Disampaikan dihadapan 980 siswa/i, Serka BUdi Mulia menyampaikan materi Bela Negara untuk membentuk tekad, sikap dan perilaku warga negara yang terpadu serta dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

Sebagai Dasar Hukum dalam hal Bela Negara yaitu Pasal 27 ayat 3 UUD 1945, Pasal 30 ayat 1 UUD 1945.

Tujuan Bela Negara yang dilaksanakan kepada peserta Didik adalah mempertahankan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara, melestarikan Budaya, menjalankan nilai nilai luhur Pancasila dan UUD 1945, berbuat yang terbaik bagi Bangsa dan Negara, menjaga identitas dan integritas Bangsa dan Negara.

Selanjutnya, Serka J. Tanjung dan Babinsa Kecamatan Payung Sekaki memberikan materi bela negara dengan pelatihan peraturan baris-berbaris.    

Pelatihan PBB ini untuk membentuk disiplin, kekompakan  dan patuh dalam satu Komando/perintah dari orang tua maupun guru di sekolah.

Danpos Serka Budi Mulia dan Babinsa berharap agar Siswa siswi yang ada di seluruh tanah air bisa menciptakan suasana rukun, damai dan aman dalam lingkungan sekolah dan bermasyarakat.

"Saling menghargai dan menghormati sesama Siwa dan membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas sesama rekan seperjuangan dalam mengisi kemerdekaan NKRI," tutup Danpos Serka Budi Mulia.  (rima)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 19 Maret 2019
Selasa, 19 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019

HUKRIM
Selasa, 26 Maret 2019
Selasa, 26 Maret 2019
Selasa, 19 Maret 2019
Sabtu, 16 Maret 2019
Sabtu, 16 Maret 2019