Senin, 24 Juni 2019

ekonomi | Kamis, 7 Maret 2019 | Dibaca: 128
Ingin Miliki Dermaga Sebagai Pelabuhan Perikanan, Ini Harapan Warga Rohil

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Menjadi daerah nomor dua penghasil ikan terbesar di Indonesia, pastinya sangat membanggakan, namun tanpa didukung sarana dan prasarana berupa infrastruktur yang kurang memadai sebagai penunjang bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Rokan Hilir.

Bagansiapi-api ibukota Kabupaten Rohil, hingga kini belum memiliki Pelabuhan Perikanan Pantai sebagai dermaga bagi nelayan dalam menjual hasil tangkapnya.

Salah seorang Legislator Riau dari Dapil Kabupaten Rohil, Firdaus sangat berharap banyak dalam kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur, Syamsuar-Edi Natar Nasution sekarang, pembangunan pelabuhan perikanan pantai akan terwujud.

"Kita sudah berkali-kali usulkan sebelumnya, tapi tidak pernah terwujud.  Berharaplah pada Gubernur sekarang bisa terwujud," pintanya, Rabu (6/3/19).

Lebih jauh disampaikan Anggota Komisi III DPRD Riau ini, keberadaan pelabuhan perikanan pantai sangat dibutuhkan oleh nelayan.

Terutama daerah Rohil merupakan daerah pasang surut. Adanya pelabuhan perikanan pantai, nelayan tidak perlu menunggu pasang baru melaut. Begitu juga dengan transaksi menjual ikan tidak lagi di rimah-rumah nelayan, tapi sudah terpusat di pelabuhan. Harga ikan jadi konpetitif, tidak lagi ditentukan tengkulak.

"Persoalan lain dengan kondisi saat ini, penyelundupan tidak bisa terelakkan. Karena tidak bisanya diawasi pembeli ikan yang langsung datang ke rumah-rumah nelayan. Jadi rawan terjadinya peredaran narkoba karena tidak terpantau. Beda kalau ada pelabuhan perikanan pantai, semua kegiatan fokus di pekabuhan, pengawasan akan lebih gampang," tambahnya. (Mediacenterriau)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Jumat, 21 Juni 2019
Kamis, 20 Juni 2019
Selasa, 18 Juni 2019
Sabtu, 15 Juni 2019
Sabtu, 15 Juni 2019

HUKRIM
Minggu, 23 Juni 2019
Jumat, 21 Juni 2019
Jumat, 21 Juni 2019
Kamis, 20 Juni 2019
Rabu, 19 Juni 2019