Jumat, 26 April 2019

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Rudyanto

pendidikan | Sabtu, 16 Maret 2019 | Dibaca: 100
Iuran Komite Belum Lunas, Kadisdik Riau: Ijazah Anak Tidak Boleh Ditahan

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Jika ada sekolah tingkat SMA/SMK yang menahan ijazah anak murid dikarenakan tidak melunasi iuran komite, silahkan melaporkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Rudyanto, di ruang rapat Medium DPRD Riau, Pekanbaru, baru-baru ini.

Karena iuran Komite sifatnya tidak mengikat atau hanya sukarela, semampu wali murid.

"Kita sudah ingatkan pada seluruh kepala sekolah yang ada. Hal ini tidak boleh terjadi lagi. Kalau dulu memang ada, tapi kedepan ini tidak kita benarkan lagi penahanan ijazah siswa karena tidak bayar uang komite," jelasnya.

Disampaikannya juga, ada juga masalah terkait anak didik yang ijazahnya tidak diberikan pihak sekolah. Karena ada juga anak didik itu bukan orang tua atau walinya yang mengambilkan ijazahnya, tapi menyuruh orang lain atau tetangganya.

"Inikan surat berharga, tidak bisa diambilkan atau diserahkan pada orang yang bukan orang tua murid atau walinya," jelas Rudyanto lagi sembari mengatakan karena takut masih ada hutang.

Disamping itu kedepannya, pihak Disdik Riau juga akan melarang Komite sekolah untuk melakukan pemungutan iuran yang besarannya ditetapkan. Sifatnya hanya sukarela, bagi yang tidak mampu tentu tidak sama sumbangannya dengan yang mampu.

"Kedepan akan kita tertibkan masalah ini. Kita sudah siapkan surat edaran terkait masalah komite ini juga," tambahnya. (Mediacenterriau)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 24 April 2019
Selasa, 19 Maret 2019
Selasa, 19 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019

HUKRIM
Selasa, 23 April 2019
Jumat, 19 April 2019
Senin, 15 April 2019
Kamis, 11 April 2019
Selasa, 9 April 2019