Sabtu, 24 Agustus 2019

Presiden Korea Selatan Moon Jae In

internasional | Selasa, 19 Maret 2019 | Dibaca: 154
Usut Tuntas Kasus Burning Sun dan Jang Ja Yeon, Ini Perintah Presiden Korsel

KOREA SELATAN - - Maraknya pemberitaan kasus Burning Sun dan kematian Jang Ja Yeon, Presiden Korea Selatan Moon Jae In memerintahkan agar penyelidikan kasus tersebut diusut hingga tuntas.

Presiden Korea Selatan, Senin, (18/3/19) menerima laporan tentang kasus yang sedang hangat diperbincangkan di Korea Selatan mulai dari kasus mantan Wakil Menteri Kementerian Kehakiman Kim Hak Eui, Burning Sun hingga kematian Jang Ja Yeon.

"Terdapat kasus-kasus yang menjadi kecurigaan di mata warga kami, tetapi kebenaran belum ditemukan sejak lama. Bahkan ada beberapa kebenaran yang disembunyikan," ucap Moon Jae In.

Presiden mengakui adanya fakta bahwa kasus yang terjadi ini sangat diistimewakan. Pasalnya ada kecurigaan bahwa organisasi seperti kejaksaan dan kepolisian sengaja melakukan penyelidikan yang lemah untuk melindungi para tersangka dan menyembunyikan kebenaran di masa lalu.

"Jika kita gagal menguak fakta di balik kasus-kasus yang istimewa itu, kita tidak akan dapat berbicara tentang kebenaran di depan warga kita," sambungnya.

Ia juga mengatakan bahwa jaksa dan polisi harus melakukan investigasi yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab untuk mengungkap kebenaran meskipun itu memalukan baginya.

Hal itu ia sampaikan karena banyaknya tuduhan yang mengatakan bahwa perwira tinggi menggunakan kekuasaan mereka untuk melindungi para tersangka dalam berbagai kasus.

"Penuntut dan polisi tidak akan bisa mengembalikan keadilan dan kepercayaan publik pada mereka sebagai agen inspeksi jika mereka gagal merefleksikan masa lalu mereka yang tak berdaya menangani kasus-kasus yang melibatkan orang-orang berpengaruh dan mengungkapkan kebenaran dan sengaja melakukan penyelidikan yang lemah untuk menyembunyikan kebenaran," ucap Moon Jae In.

Menyangkut masalah klub Burning Sun, Moon Jae In memerintahkan agar dilakukan penyelidikan menyeluruh dari tuduhan adanya narkoba, prostitusi hingga penyuapan pihak berwenang.

Meskipun kasus ini telah terjadi di masa pemerintahan yang lalu, tapi tindak kejahatan ini juga kemungkinan masih terjadi hingga saat ini sehingga perlu penyelidikan menyeluruh dan menghukum yang salah tanpa memandang kedudukan sosial mereka.

"Orang-orang yang berkuasa dengan banyak koneksi mampu menyembunyikan kebenaran dan menerima pembebasan untuk tindakan ilegal serta kejahatan yang dilakukannya. Sementara warga yang tak berdaya yang menjadi korban harus ketakutan tanpa perlindungan hukum," lanjutnya.

"Saya menekankan sekali lagi bahwa jika kita tidak bisa mengungkapkan kebenaran, maka kita tidak akan bisa lagi berbicara kebenaran lagi kepada masyarakat. Saya meminta Menteri Kehakiman dan Menteri Keamanan Nasional bertanggung jawab untuk mengungkap kebenaran dan mengklarifikasi setiap kecurigaan yang timbul dari berbagai kasus," tutupnya.

Dengan perintah Presiden Korea Selatan untuk mengusut tuntas kasus Burning Sun hingga kematian Jang Jae Yeon semoga kebenaran segera terungkap ya! (Teen.co.id)













BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Senin, 5 Agustus 2019
Sabtu, 3 Agustus 2019
Jum'at, 2 Agustus 2019
Kamis, 1 Agustus 2019
Rabu, 24 Juli 2019

HUKRIM
Senin, 19 Agustus 2019
Senin, 19 Agustus 2019
Minggu, 18 Agustus 2019
Jumat, 16 Agustus 2019
Rabu, 14 Agustus 2019