Jumat, 26 April 2019

Sebagai penanggungjawab program Upaya khusus Padi, jagung, kedelai (Upsus Pajale), Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Kota Pekanbaru terus memperkuat upaya percepatan pangan di Kota Pekanbaru bersama dengan Koramil 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbar

bahasa | Jumat, 22 Maret 2019 | Dibaca: 100
Babinsa dan PPL Sebagai Motor Penyuluhan, Pendukung Upsus Pajale

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Sebagai penanggungjawab program Upaya khusus Padi, jagung, kedelai (Upsus Pajale), Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Kota Pekanbaru terus memperkuat upaya percepatan pangan di Kota Pekanbaru bersama dengan Koramil 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbaru.

Koordinasi berkaitan teknis pertanian di lapangan, maupun penguatan serta mengaktifkan kelembagaan petani, Kelompok Petani, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Usaha Pelayananan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA), Komisi irigasi, Pemberdayaan Petani Pemakai Air (P3A), dan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S).

Dengan motto" Pantang Menyerah, selalu gembira dan tetap semangat", Danramil 06/Sukajadi melalui Babinsa Koramil 06/Sukajadi Kelurahan Sei Sibam, Kecamatan Payung Sekaki, Serda Romi Saputra dan Danpos Serka Budi Mulia tampak serius berdiskusi bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, Mahoni dan Kelompok Tani Kelurahan Sei Sibam, Payung Sekaki dalam hal pencapaian Swasembada berkelanjutan melalui Upsus Pajale, Jumat, 22 Maret 2019.

Danpos dan Babinsa Kecamatan Payung Sekaki berkordinasi dengan PPL Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru untuk memberikan penyuluhan tentang Upsus Pajale kepada Poktan Maju Lestari, Poktan Beringin Makmur dan Poktan Beringin Jaya yang ada di Kelurahan Sei Sibam.

"Upaya dan gerakan percepatan tanam hasil panen yang kompak dari seluruh komponen, Alhamdulillah dapat mendorong percepatan tanam dalam program Upsus Pajale ini. PPL dan Babinsa siap mendukung dan mensukseskan kegiatan UPSUS PAJALE untuk meningkatkan kesejahteraan petani yang ada di Wilayah binaan mereka," ujar Danpos dan Babinsa Kecamatan Payung Sekaki.

Dalam mensukseskan Upsus Pajale tidak lepas dari upaya dan integrasi berbagai aspek pembangunan pertanian, diantaranya dari sisi kebijakan dan regulasi meliputi Revisi Perpres174/201, HPP, sergap dan stabilisasi harga, buffer stock.

Sementara itu, perwakilan kelompok tani Sei Sibam mengatakan pemerintah melalui penyuluh dan Babinsa harus bersinergi untuk turun kelapangan sebagai salah satu penggerak petani sebagai pelaku utama, karena dapat berperan sebagai komunikator, motivator dan dinamistor.

Terpisah, Danramil 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbaru, Kapten Kav Agussam menjelaskan edukasi terhadap petani untuk selalu mengamati perkembangan pertanaman mutlak dilakukan setiap hari agar di peroleh informasi sedini mungkin perkembangan hama, penyakit, maupun organisme yang mengganggu pertanaman di sawah.

Ia mengajak pada tahun 2019 bisa lebih bersemangat dan fokus dalam upaya membangun ketahanan pangan dengan mempererat komunikasi, koordinasi dan sinergi memecahkan masalah masalah dilapangan, mendorong dan memberdayakan petani agar lebih produkstif dan kompetitif.

Tentunya hal tersebut dengan kerja keras semua pihak, baik BBPP, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru, Koramil 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbaru serta poktan di seluruh Kota Pekanbaru. (rima)

   



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 24 April 2019
Selasa, 19 Maret 2019
Selasa, 19 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019

HUKRIM
Selasa, 23 April 2019
Jumat, 19 April 2019
Senin, 15 April 2019
Kamis, 11 April 2019
Selasa, 9 April 2019