Selasa, 16 Juli 2019

Mahasiswa Unri saat mengikuti pembekalan penguatan konsep pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata, Senin 1 April 2019. (foto; humas Unri/mcr)

pendidikan | Senin, 1 April 2019 | Dibaca: 134
Jelang KKN, Ratusan Mahasiswa UNRI Diberi Pembekalan

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Ratusan mahasiswa Universitas Riau (UNRI) mengikuti pembekalan dari Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unri Prof Dr Almasdi Syahza SE MP, Senin (1/4/2019) di Kampus Bina Widya Unri, Panam, Pekanbaru.

Menurut Almasdi, Unri terus berupaya memperkuat peran dan fungsi KKN, dan menyelaraskan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dengan kebutuhan yang diperlukan masyarakat, perlu adanya.

Dikatakannya, selama ini pelaksanaan KKN masih terfokus pada nilai. Oleh karenanya perlu penguatan kinerja pengabdian masyarakat dalam bentuk tercatatnya pogram kerja mahasiswa KKN kedalam laporan kinerja pengabdian kepada masyarakat.

“Inilah peran penting tugas DPL (Dosen Pembimbing Lapangan-red) untuk mendorong mahasiswa dalam memberikan pogram-pogram keberlanjutan untuk kemajuan dan pembangunan ekonomi masyarakat,” jelas Almasdi.

Lebih lanjut, Almasdi, DPL bersama peserta KKN perlu melakukan pemetaan terhadap potensi sekaligus kondisi riil di desa lokasi pelaksanaan KKN. Selain menggelar program dan konsep kerja, mahasiswa juga menuangkan berbagai gagasan terkait pengembangan desa melalui laporan yang dibuat setelah KKN dilakukan.

Selanjutnya, Ketua LPPM mendorong para dosen yang memiliki kegiatan pengabdian di masyarakat untuk dapat menjadi DPL KKN yang baik. Program dan konsep yang dijalankan memiliki keterkaitan antara bidang ilmu dan keberlanjutan untuk kemajuan dan pembangunan ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu pula, Almasdi juga kerap mengadakan pertemuan dengan DPL KKN Unri. Dalam Pertemuan itu, Almasdi menguatkan peran kegiatan KKN Unri yang perlu memfokuskan luaran.

Luaran tersebut, yakni maksimalkan kinerja pengabdian kepada masyarakat. Selanjutnya, juga perlu mencatat pogram kerja mahasiswa KKN kedalam laporan kinerja pengabdian kepada masyarakat untuk dipublikasi.

“Kalau dosen sudah punya program dan konsep, pasti terkait dengan masyarakat. Kalau mahasiswa bisa terintegrasi di sana, program dan konsepnya akan semakin jelas,” ujarnya. (Mediacenterriau)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 10 Juli 2019
Selasa, 2 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Minggu, 30 Juli 2019

HUKRIM
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Kamis, 11 Juli 2019
Kamis, 11 Juli 2019