Jumat, 26 April 2019

Kunjungan Dokter Spesialis ke UPT Puskesmas Rawat Inap

kesehatan | Jumat, 5 April 2019 | Dibaca: 100
Dinkes Bengkalis Kirim Dokter Spesialis ke UPT Puskesmas

BENGKALIS, RIDARNEWS.COM - Memberikan mutu pelayanan terbaik kepada pasien, Dinas Kesehatan kabupaten Bengkalis melaksanakan program kunjungan dokter spesialis ke Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap.

Tahun 2019 ini, Dinkes melalui RUSD Bengkalis dan RSUD Mandau mendatangkan Dokter Spesialis Anak dan Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Spesialis Bedah, Tenaga Teknis Alat.

Sebelumnya pada tahun 2018, Dinkes melalui RUSD Bengkalis dan RSUD Mandau hanya Dokter Spesialis Anak dan Spesialis Kebidanan dan Kandungan saja.

Adapun UPT Puskesmas Rawat Inap yang disambangi keempat Dokter Spesialis tersebut adalah UPT Puskesmas Pematang Duku Kecamatan Bengkalis, UPT Puskesmas Selat Baru Kecamatan Bantan, UPT Puskesmas Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu.

Kemudian, UPT Puskesmas Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil, UPT Puskesmas Batu Panjang Kecamatan Rupat, UPT Puskesmas Tanjung Medang Kecamatan Rupat Utara dan  UPT Puskesmas Serai Wangi Kecamatan Talang Muandau.

Kepala Dinkes Bengkalis Dr Ersan Saputra melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Heri Pratikno, mengatakan bahwa tujuan kunjungan dokter spesialis ini selain mendekatkan akses juga salah program pelayanan langsung kepada masyarakat.

"Dalam program ini, keempat Dokter Spesialis yang mengunjungi UPT Puskesmas Rawat Inap tidak hanya melayani konsultasi, namun memberikan tindakan operasi bedah minor, pengecekan kesehatan ibu hamil dan semuanya gratis," ujarnya saat dijumpai di ruang kerjanya, Jum'at, 5 April 2019.

Dijelaskannya lagi, pengecekan kesehatan ibu hamil dengan memanfaatkan USG portable yang sudah tersedia di masing-masing UPT Puskesmas.

Diakuinya, program tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. Terlihat dari besarnya antusias masyarakat yang datang dan ingin dilakukan pemeriksaan oleh Dokter Spesialis.

Heri Pratikno juga menyebutkan, pada kesempatan itu juga dilakukan transfer of knowledge dan transfer of skill kepada seluruh tenaga kesehatan baik Dokter, Perawat, Bidan, Asisten Apoteker, Petugas Gizi dan petugas lainnya yang ada di Puskesmas.

"Beberapa hal yang ditekankan oleh para Dokter Spesialis dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Anak Balita (AKABA) serta menurunkan angka kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular," bebernya sembari menyebutkan program kunjungan ini akan dilaksanakan kembali Agustus mendatang. #Diskominfotik bengkalis



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 24 April 2019
Selasa, 19 Maret 2019
Selasa, 19 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019
Senin, 18 Maret 2019

HUKRIM
Selasa, 23 April 2019
Jumat, 19 April 2019
Senin, 15 April 2019
Kamis, 11 April 2019
Selasa, 9 April 2019