Senin, 22 Juli 2019

Komando Rayon Militer 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbaru melalui Babinsa Kelurahan Labuhbaru Barat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menggelar kegiatan fogging, Selasa, 09 April 2019, pukul 10.00 WIB.

bahasa | Selasa, 9 April 2019 | Dibaca: 136
Cegah DBD, Babinsa Koramil 06/Sukajadi Gelar Fogging bersama Warga

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Komando Rayon Militer 06/Sukajadi Kodim 0301/Pekanbaru melalui Babinsa Kelurahan Labuhbaru Barat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menggelar kegiatan fogging, Selasa, 09 April 2019, pukul 10.00 WIB.

Ini untuk mencegah terjadinya Demam Berdarah Dengue (DBD) pada musim penghujan seperti sekarang ini.

"Kegiatan fogging yang bekerjasama dengan Dinkes ini untuk mengantisipasi terkait kasus DBD,” kata Babinsa Kelurahan Labuh Baru Barat, Serda Wiyono yang didampingi Danpos Kecamatan Payung Sekaki.

DikatakanSerda Wiyono, fogging ini dilakukan dengan beberapa personel gabungan TNI dan Dinkes. Dimana petugas melaksanakan fogging dengan cara mendatangi rumah warga dan setelah itu mensosialisasikan bahaya demam berdarah.

"Upaya yang dilakukan dalam pencegahan penyakit demam berdarah adalah fogging. Oleh karena itu jaga kebersihan di lingkungan masing-masing dan hindari genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk," ujarnya.

DiterangkanSerda Wiyono dan Danpos Kecamatan Payung Sekaki Serka Budi Mulia, ada seorang warga yang terkena dampak DBD yang dirawat di RS Eka Hospital bernama Findi Purba (14), Jalan Terantang gang Sungkai RT 02 RW 02, Kelurahan Labuhbaru Barat, Kecamatan Payung Sekaki.

"Kami mendapatkan laporan dari masyarakat ada seorang anak dari pak Purba terkena DBD saat ini dirawat di RS Eka Hospital," ujarnya lagi.

Oleh sebab itu, Danpos Kecamatan Payung Sekaki Serka Budi Mulia dan Babinsa Serda Wiyono berkoordinasi dengan Kabag P2P Dinkes Kota Pekanbaru, Surya Delfiria  untuk melaksanakan pencegahan penyebaran endemi nyamuk yang menyebabkan demam berdarah.

Dengan melakukan kegiatan Fogging dan membersihkan saluran saluran air dan genangan air yang mana tempat endemi nyamuk berkembang biak.

Adapun upaya-upaya yang sudah dilakukan Dinkes Kota bersama Puskesmas dan Babinsa semaksimal mungkin antara lain :

1. Pada awal tahun 2017 Dinkes Kota mengeluarkan surat edaran tentang kewaspadaan penyakit demam berdarah (DBD) dengan memerintahkan seluruh kepala Puskesmas untuk melakukan upaya pencegahan pengendalian penyakit demam berdarah yang mana isi dari surat edaran tersebut sebagai berikut :

a.Melakukan penyuluhan yang berhubungan langsung dengan masyarakat melalui Puskesmas, RT, RW,Lurah dan didampingi Babinsa
      
b.Mengaktifkan pemeriksaan jentik mandiri dalam Program Satu Rumah Satu Jumantik baik dimasyarakat, instansi pendidikan ataupun lingkungan kerja.

c. Mengaktifkan surveilans P2P DBD, tim medis dan paramedis guna penemuan kasus secara dini.

2. Dari Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Babinsa untuk melakukan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit demam berdarah.

Dengan mengaktifkan gotong royong dari tingkat RT sampai RW minimal sekali dalam seminggu.

Masyarakat kelurahan Labuh Baru Barat Kecamatan Payung Sekaki menyambut baik serta mengucapkan terimakasih kepada Danramil 06/Sukajadi Kapten Kav Agussam beserta Babinsa, Lurah kel Labuh Baru Barat Agus Sutiartono dan Dinas kesehatan kota Pekanbaru.

Dengan kepedulian Babinsa dan Dinkes Kota terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan masyarakat akan melahirkan generasi-generasi yang tangguh, kuat dan berprestasi.

Ditempat terpisah, Danramil 06/Sukajadi Kapten Kav Agussam menjelaskan fogging yang merupakan bagian dari kegiatan non fisik TMMD guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gerakan hidup bersih dan bahaya penyakit DBD atau malaria.

Sebab jika tidak ini, dapat mengakibatkan banyaknya genangan air dilingkungan rumah warga dapat membuat nyamuk cepat berkembang biak.

“Untuk mencegah penyakit DBD, dengan ini banyak masyarakat bersyukur dengan dilakukan pengasapan nyamuk dirumah dilingkungan mereka karna dapat mengurangi resiko terserang penyakit DBD, apalagi musim hujan ini,” jelasnya. (rima)





BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 10 Juli 2019
Selasa, 2 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Minggu, 30 Juli 2019

HUKRIM
Kamis, 18 Juli 2019
Rabu, 17 Juli 2019
Selasa, 16 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019