Senin, 22 Juli 2019

Ilustrani (Internet)

politik | Selasa, 9 April 2019 | Dibaca: 167
Pelaporan Pemilu 2019, Bawaslu Luncurkan Siwaslu

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Guna menghindari kecurangan dalam perhitungan suara dan memaksimalkan penyajian data dan informasi pada perhitungan perolehan suara di TPS pada Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu meluncurkan aplikasi Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu). Siwaslu ini berbasis aplikasi android yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Demikian dikatakan Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau, Neil Antariksa kepada ridarnews.com melalui sambungan selularnya, baru-baru ini.

Dikatakan Neil, setiap petugas pengawas (Panwas) TPS harus menggunakan ponsel Android, karena pelaporan secara online menggunakan aplikasi khusus Siwaslu di download melalui Playstore merupakan sistem pengawasan Pemilu 2019.

Siwaslu ini, ungkapnya, merupakan sistem pelaporan online Bawaslu untuk memberikan kemudahan bagi pengawas TPS dalam menyajikan data secara cepat dan akurat.

Pengawas TPS harus mendokumentasikan C1 Pleno hasil penghitungan suara.

Selanjutnya akan dilaporkan langsung ke Bawaslu RI melalui aplikasi Siwaslu untuk memastikan bahwa setiap tahapan pemilu di TPS ada update laporan pengawasan dan pencegahan.

“Melalui laporan dan data dokumentasi tersebut diharapkan kecurangan pemilu dapat diminimalisir. Termasuk apabila terjadi perubahan data dalam proses pemilu, akan dapat dilakukan dengan membandingkan data awal hasil pengawasan PTPS tersebut,” ujar Neil.

Disinggung masih ada kabupaten di Provinsi Riau jaringan internet kurang baik, Neil tak menampik. Menurutnya, masih ada beberapa kecamatan yang tidak memiliki jaringan internet.

"Ada kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti jaringan internetnya kurang memadai," katanya lagi.

Terhadap daerah yang tidak jaringan internet atau petugas pengawas tidak punya android, pelaporan dilakukan secara manual.

"Jadi, kami minta dikirimkan foto ke pengawas TPS yang memiliki android yang memiliki jaringan internet," tukas Neil.

Dilansir dari laman youtube panduan Siwaslu,

Diharapkan seluruh pengawas pengguna SIWASLU (Pengawas TPS, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi) untuk ikut berpartisipasi dalam uji coba ini.

1. Pengawas TPS bila belum memiliki akun, lakukan register dengan menekan tombol Pengawas TPS di halaman masuk SIWASLU.

2. Pengawas Kecamatan, Kabupaten/Kota & Provinsi login/masuk dengan menekan tombol Pengawas Kecamatan, Pengawas Kabupaten/Kota atau Pengawas Provinsi di halaman masuk SIWASLU menggunakan username yang sudah didapatkan sebelumnya saat daftar pengwasan.

3. Silakan mencoba aplikasi SIWASLU dengan data asal terlebih dulu selama masa uji coba. Data di server akan di-reset ulang setelah masa uji coba berakhir. Setelah itu pengguna tidak diizinkan lagi menggunakan data asal.

4. Masa uji coba akan berakhir tanggal 12 April 2019. Pengguna harus melaporkan data sebenarnya.

5. Pada tanggal 13 April 2019 silakan uninstall lalu install ulang aplikasi SIWASLU agar data di HP di-reset ulang juga & sinkron dengan data di server.
- Untuk Pengawas TPS register ulang.
- Untuk Pengawas Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi login/masuk kembali dengan username.

6. Selama masa uji coba aplikasi akan terus melakukan update untuk mendapatkan kondisi maksimal (dapat digunakan banyak jenis merk & tipe HP, mudah digunakan, dll). Diharapkan pengguna tetap mengikuti update agar tetap menggunakan versi terbaru. (rima)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 10 Juli 2019
Selasa, 2 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Minggu, 30 Juli 2019

HUKRIM
Kamis, 18 Juli 2019
Rabu, 17 Juli 2019
Selasa, 16 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019