Selasa, 16 Juli 2019

Babinsa Koramil 06 /Sukajadi, Kodim 0301/Pekanbaru, Serda Jamil Candra, Serda Wiyono dan Serda Jhoni Jhanan melaksanakan kegiatan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

bahasa | Sabtu, 27 April 2019 | Dibaca: 235
Babinsa Koramil 06/Sukajadi Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karlahut

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Babinsa Koramil 06 /Sukajadi, Kodim 0301/Pekanbaru, Serda Jamil Candra, Serda Wiyono dan Serda Jhoni Jhanan melaksanakan kegiatan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Babinsa Koramil 06/Sukajadi setiap memasuki musim kemarau selalu melaksanakan Patroli dan Sosialisasi Pencegahan kebakaran hutan dan lahan bersama BPBD kota Pekanbaru dan masyarakat peduli api (MPA) di Kelurahan Air Hitam, Kelurahan Tampan dan Kelurahan Sei Sibam, Kecamatan Payung Sekaki, Sabtu, 27 April 2019, pukul 10.00 WIB.

“ Hari ini kami melaksanakan patroli Karhutla di Kecamatan Payung Sekaki. Kami ingin memastikan bahwa di daerah ini tidak ada kebakaran hutan dan lahan,“ kata Serda Serda Jamil Candra kepada ridarnews.com.

Serda Jamil Candra juga menyampaikan bahwa jalur patroli meliputi daerah perkebunan warga serta lokasi yang rawan terjadi pembakaran lahan. Selain memantau kondisi sekitar dirinya juga melakukan sosialisasi kepada warga terkait larangan membakar hutan dan lahan.

“ Di sepanjang jalur patroli juga kita melakukan sosialisasi kepada warga agar berpartisipasi untuk mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan, salah satu yang kita tekankan adalah agar warga tidak membuka lahan dengan cara di bakar, “ tambah Serda Jamil Candra yang didampingi Babinsa lainnya.

Didalam sosialisasi dan patroli, Babinsa memberikan penekanan dan ajakan kepada masyarakat, antara lain; mari sama-sama menjaga dan merawat hutan supaya tidak terjadi lagi kebakaran di wilayah kelurahan Air hitam, Payung Sekaki, jangan membuang puntung rokok sembarangan terutama bagi warga yang sedang memancing dan dalam membuka lahan jangan sekali-kali dengan cara membakar.

Selain itu Babinsa juga mensosialisasikan tentang Undang-Undang No.41 Tahun 1999 "Membakar Hutan dan Lahan adalah perbuatan yg melanggar Hukum, setiap orang/kelompok dilarang membakar hutan dan lahan, Barang siapa dengan sengaja atau tidak sengaja membakar hutan dsn lahan maka diancam dengan pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda Rp 15 Milyar, (Pasal 78 Ayat 3 dan 4).

Sebagaimana diketahui, pada Jumat, 26 April 2019, kemarin telah dilaksanakan  Apel Penanggulangan Bencana Nasional dan Simulasi Karlahut oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau.

Apel tersebut dipusatkan di Jalan Riau Ujung RT 06 RW 03 Kelurahan Air Hitam Kecamatan Payung Sekaki.

Adapun giat tersebut dihadiri oleh Danramil 06/Sukajadi Kapten Kav Agusam, Kepala BPBD Gurning, Camat Payung Sekaki, Babinsa se-kecamatan Payung Sekaki, Bhabinkamtibmas, Anggota BPBD. (rima)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 10 Juli 2019
Selasa, 2 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Minggu, 30 Juli 2019

HUKRIM
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Kamis, 11 Juli 2019
Kamis, 11 Juli 2019