Rabu, 16 Oktober 2019

Ilustrani (Internet)

rohil | Jumat, 3 Mei 2019 | Dibaca: 178
Daerah Penghasil Ikan, Rohil Butuh TPI dan Pelabuhan Perikanan Pantai

BAGANSIAPIAPI, RIDARNEWS.COM - Kabupaten Rokan Hilir merupakan salah satu daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia. Namun, sampai saat ini belum ada infrastruktur penunjang, seperti tempat pelelangan ikan dan pelabuhan perikanan pantai bagi nelayan.

Untuk itu, salah seorang legislator Riau dari daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Rohil, Firdaus sangat berharap pemerintah Provinsi Riau membangun pelabuhan perikanan.

"Kita sudah berkali-kali usulkan sebelumnya, tapi tidak pernah terwujud.  Berharaplah pada Gubernur sekarang bisa terwujud," kata Firdaus, beberapa waktu lalu.

Firdaus yang merupakan anggota Komisi III DPRD Riau ini mengatakan pentingnya dibangunnya pelabuhan perikanan pantai yang sangat dibutuhkan oleh nelayan.

Dengan dibangunnya pelabuhan perikanan pantai nelayan tidak perlu menunggu pasang naik baru melaut. Begitu juga dengan transaksi menjual ikan tidak lagi di rumah-rumah nelayan, tapi sudah terpusat di pelabuhan tempat pelelangan ikan.

Dengan demikian, harga jual ikan nelayan jadi kompetitif, tidak lagi ditentukan tengkulak seperti saat ini.

"Persoalan lain adalah penyelundupan tidak bisa terelakkan. Karena tidak bisa diawasi pembeli ikan yang langsung datang ke rumah-rumah nelayan. Jadi rawan terjadinya peredaran narkoba karena tidak terpantau. Beda kalau ada pelabuhan perikanan pantai, semua kegiatan fokus di pekabuhan, pengawasan akan lebih gampang," tambahnya. (Mediacenterriau)

BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Kamis, 10 Oktober 2019
Rabu, 2 Oktober 2019
Rabu, 2 Oktober 2019
Selasa, 1 Oktober 2019
Senin, 23 September 2019

HUKRIM
Selasa, 15 Oktober 2019
Senin, 14 Oktober 2019
Senin, 14 Oktober 2019
Minggu, 13 Oktober 2019
Jumat, 11 Oktober 2019