Rabu, 17 Juli 2019

Pemerintah Desa (Pemdes) Semukut, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau saat ini berfokus membangun infrastruktur transportasi laut, darat dan instalasi listrik, Selasa, (7/5/19).

adv | Selasa, 7 Mei 2019 | Dibaca: 147
Pemdes Semukut Fokus Bangun Infrastruktur

MERANTI, RIDARNEWS.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Semukut, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau saat ini berfokus membangun infrastruktur transportasi laut, darat dan instalasi listrik, Selasa, (7/5/19).

Hasilnya juga mulai terlihat, dimana saat ini geliat pembangunan di Desa Semukut sudah cukup baik. Seperti pembangunan pelabuhan, ruas jalan, dan listrik sudah menyala siang dan malam.

Untuk pembangunan pelabuhan Desa Semukut sendiri telah selesai 100 persen pada tahun 2018 lalu. Pembangunan dermaga pelabuhan desa itu menelan anggaran Rp4,5 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018.

"Alhamdulillah, akhir tahun kemarin dermaga sudah selesai dibangun," ucap Kepala Desa Semukut, Ibrahim kepada wartawan www.ridarnews.com.

Proyek pembangunan dermaga dan pelabuhan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018, itu berada di Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Meranti.

Menurut Ibrahim, pihak Dinas Perhubungan telah membangun infrastruktur tersebut dengan baik dan sesuai perencanaan.

"Dari Dana itu, Infrastruktur laut di desa kami terselenggara. Dishub juga telah melaksanakan proyek ini dengan baik," ungkap Ibrahim.

Selain dermaga dan pelabuhan, Pemerintah Desa Semukut juga menggeber pembangunan fasilitas umum lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti membangun dan perbaikan jalan yang rusak dan fasilitas lainnya.

"Ya, bisa kita lihat dari ruas jalan. Ada terlihat sedikit kerusakan tapi hanya sedikit," katanya.

Ditegaskan Ibrahim, pihaknya terus fokus membangun infrastruktur mengingat Desa Semukut merupakan penghubung antara Pulau Merbau dengan Tebing Tinggi.

"Jalan ini (jalan penghubung) akan terus dibangun, mengingat Desa Semukut menjadi penghubung antara Pulau Merbau dan Tebing Tinggi," lanjut Ibrahim.

Untuk itu, pada tahun ini Pemdes akan menambah fasilitas pendukung pelabuhan Desa Semukut. Fasilitas tersebut secepatnya akan dilanjutkan oleh di Dinas Perhubungan (Dishub). Fasilitas pendukung pembangunan dermaga tersebut berupa penambahan jalan di sekitar area pelabuhan.

"Kita akan bangun sisi daratnya lagi, yakni fasilitas Jalan yang akan dibangun dari jalan utama menuju dermaga," terang Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana Dinas Perhubungan, Dinas Perhubungan, Syahril.

Hanya saja fasilitas pendukung berupa jalan tersebut akan dibangun bertahap sesuai anggaran yang tersedia.

"Kita akan bangun bertahap, sebab anggaran yang ada baru bisa membangun akses jalan dari pelabuhan baru Semukut ke jalan utama," tambahnya.

Dikatakan Syahril, dalam pembangunan fasilitas di pelabuhan Semukut, pihaknya akan mengeluarkan anggaran Rp. 624.000.000 yang diambil menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Mengetahui hal itu, Kades Semukut menyambut baik dengan akan dibangunnya fasilitas dermaga Desa Semukut oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Fasilitas yang dimaksud sangat diperlukan untuk mudahkan pelayanan pengguna transportasi laut maupun operasional penyeberangan Kempang Semukut - Mekong," ucap Ibrahim.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, aktifitas masyarakat pengguna pelabuhan semakin padat. Dengan demikian, penambahan fasilitas tersebut sangat mendukung dalam pelayanan.

"Apalagi, saat ini sudah memasuki bulan puasa, kita tahu aktifitas masyarakat sangat padat pada bulan ini," lanjutnya.

Disamping itu, Ibrahim juga berharap, kedepan pihak Dinas Perhubungan Kepulauan Meranti dapat berkoordinasi dengan pihak Desa Semukut terkait opersional pelabuhan penyeberangan Kempang.

"Perlu juga kami tegaskan untuk opersional dermaga penyeberangan Kempang, diharapkan Dinas Perhubungan bisa berkoordinasi dengan pemerintah desa," harapnya.

Sementara itu, terkait pembangunan jaringan listrik desa, saat ini sudah terealisasi sesuai harapan masyarakat.

Saat ini, listrik sudah mengalir kerumah rumah di Desa Semukut yang sebelumnya mereka pakai genset.

"Sesuai dengan apa yang diinginkan masyarakat, aliran listrik sudah masuk di 11 desa di tahun 2019 ini.  Semukut dapat terang siang-malam berkat terhubungnya jaringan listrik dari Tebing Tinggi. Kini masyarakat sangat bersemangat," kata Ibrahim. (Adv)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 10 Juli 2019
Selasa, 2 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Minggu, 30 Juli 2019

HUKRIM
Selasa, 16 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Kamis, 11 Juli 2019