Minggu, 18 Agustus 2019

Camat Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti, Rayan Pribadi SH

meranti | Jumat, 10 Mei 2019 | Dibaca: 146
Penggunaan Anggaran Warga, Camat Rayan: "Harus Transparan"

MERANTI, RIDARNEWS.COM - Camat Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti, Rayan Pribadi SH, mengimbau kepada Kepala Desa (Kades) dan pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Desa Lukun, agar transparan dalam pemungutan biaya dan dana yang dikumpulkan dari masyarakat untuk perbaikan mesin.
 
“Awalnya, mereka (masyarakat) resah karena listrik hidup secara bergantian. Lalu timbul inisiatif mereka untuk memberikan sumbangan untuk biaya perbaikan mesin,” kata Rayan, Jum'at, (10/5/2019).

Ia mengatakan, masyarakat hanya berpartisipasi memberikan sumbangan untuk perbaiki mesin yang rusak. Tidak ada paksaan mengenai hal ini.

"Kalau ada yang tidak menyumbang, jangan dipaksa. Ingat, ini tanggung jawab pemerintah dan pengelola PLTD, bukan tanggung jawab masyarakat untuk memperbaiki,” kata Rayan.

Ia meminta, masalah ini segera rampung. Dirinya juga ingin pihak pengelola PLTD dan Kades Lukun transparan kepada masyarakat tentang hal ini.

“Kepala Desa dan Pengelola PLTD tidak boleh mengambil keuntungan satu rupiah pun,” tegasnya.

"Berapa orang yang menyumbang untuk biaya perbaikan, berapa total nilai dari sumbangan masyarakat yang terkumpul dan untuk apa saja? Semua harus transparan kepada masyarakat," lanjut Rayan.

Salah satu masyarakat mengeluh akan ini. Untuk perbaikan mesin mereka dipungut biaya sebesar Rp.100.000,-. Menurutnya, kondisi ekonomi masyarakat tidak semua baik, maka jangan ada paksaan apalagi mewajibkan untuk membayar.

“Kalau untuk memperbaiki mesin itu tanggung jawab pengelola dan Kades lah, jangan lagi dibebankan kepada kami. Masa masalah ini Kades tidak bisa menyelesaikannya,” ujar salah satu masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya. (Arjuna)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Senin, 5 Agustus 2019
Sabtu, 3 Agustus 2019
Jum'at, 2 Agustus 2019
Kamis, 1 Agustus 2019
Rabu, 24 Juli 2019

HUKRIM
Jumat, 16 Agustus 2019
Rabu, 14 Agustus 2019
Rabu, 14 Agustus 2019
Selasa, 13 Agustus 2019
Selasa, 13 Agustus 2019