Kamis, 17 Oktober 2019

Peringati Hari Lahir Pancasila, Bertindak selaku Inspektur Upacara Waka Polres Kampar Kompol Ricky Ricardo SIK, Perwira Upacara Kasat Intel AKP Edi Junaidi SH dan Komandan Upacara Iptu Khairil SH.

kampar | Sabtu, 1 Juni 2019 | Dibaca: 166
Polres Kampar Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

BANGKINANG KOTA, RIDARNEWS.COM - Polres Kampar melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila ke-74 tahun 2019, di lapangan Mapolres Kampar, Sabtu, 1 Juni 2019, sekira pukul 08.00 WIB.

Upacara tersebut, mengusung tema "Kita Indonesia, Kita Pancasila".

Bertindak selaku Inspektur Upacara Waka Polres Kampar Kompol Ricky Ricardo SIK, Perwira Upacara Kasat Intel AKP Edi Junaidi SH dan Komandan Upacara Iptu Khairil SH.

Pasukan Upacara terdiri dari Pejabat Utama Polres Kampar, Para Perwira dan Segenap Personel Polri serta ASN Polres Kampar dari semua Satuan Fungsi.

Rangkaian Upacara diawali Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan Mengheningkan Cipta dan Pembacaan Teks Pancasila serta Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945.

Waka Polres Kampar selaku Inspektur Upacara membacakan Amanat Tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, berikut petikannya :

Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Pancasila telah mampu mempersatukan kita sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kondisi geografis wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan yang berada diantara dua samudera dan dua benua, makin memperkokoh konsep keyakinan akan "Tanah Air Indonesia" sebagai bangsa yang memiliki ruang hidup tanah air dalam satu kesatuan yang saling menguatkan.

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi dan pandangan hidup bangsa merupakan anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME untuk bangsa Indonesia, proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan  dan diperjuangkan secara terus menerus serta ditanamkan dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai bangsa yang besar kita tidak akan meninggalkan sejarah sebagaimana oleh Bung Karno disebut dengan istilah "Jas Merah", melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 ini mari kita jadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (rls)

BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Kamis, 10 Oktober 2019
Rabu, 2 Oktober 2019
Rabu, 2 Oktober 2019
Selasa, 1 Oktober 2019
Senin, 23 September 2019

HUKRIM
Rabu, 16 Oktober 2019
Selasa, 15 Oktober 2019
Senin, 14 Oktober 2019
Senin, 14 Oktober 2019
Minggu, 13 Oktober 2019