Rabu, 18 September 2019

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Pekanbaru ke235 digelar dalam sebuah upacara di komplek perkantoran Walikota Tenayan Raya, Jalan Badak, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Senin (24/5/19) pagi.

adv | Selasa, 25 Juni 2019 | Dibaca: 181
Di HUT ke 235, Pemko Pekanbaru Fokus Perbaikan Infrastruktur

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Pekanbaru ke235 digelar dalam sebuah upacara di komplek perkantoran Walikota Tenayan Raya, Jalan Badak, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Senin (24/5/19) pagi.

Bertindak selaku Inspektur upacara Wakil Walikota Ayat Cahyadi.

Upacara HUT Kota Pekanbaru ke 235 ini bersamaan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Kota Pekanbaru.

"Sebenarnya, upacara HUT Kota Pekanbaru ke 235 ini dilaksanakan Ahad Kemarin, (23/6), namun biar lebih maksimal, pada hari ini, Senin pagi, digelar upacara bersamaan peringatan Harganas," kata Ayat Cahyadi usai upacara.

Kata sambutan tertulis Walikota Pekanbaru yang dibacakan oleh wakil Walikota, Ayat Cahyadi mengatakan, Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat penduduk di Pekanbaru meningkat tajam, di usia Pekanbaru ke 235 tahun jumlah penduduk Kota Pekanbaru sudah mencapai 1,1 juta jiwa.

Kota Pekanbaru yang saat ini merupakan salah satu kota besar di Indonesia memerlukan penanganan yang lebih baik lagi. Sebab, selaku kota besar Kota Pekanbaru juga memiliki banyak persoalan sosial.

Menurut Ketua DPC Partai PKS kota Pekanbaru itu, masalah pendidikan, beberapa kawasan masih rawan banjir, jalan rusak yang menjadi keluhan masyarakat luas menjadi fokus Pemerintah Kota Pekanbaru, khususnya jalan rusak.

"Permasalahan yang menjadi keluhan masyarakat adalah jalan rusak dan banjir. Kalau hujan satu jam saja sudah banjir. Apalagi, ada beberapa kawasan yang memang daerah rawan banjir," ujarnya.

Ditambah lagi, persoalan jalan rusak, jalan berlobang-lobang menjadi skala prioritas Pemko Pekanbaru. Untuk itu, Ayat sudah memerintahkan OPD terkait untuk segera menyusun proposal kegiatan perbaikan infrastruktur. Selain itu, Ayat juga mengingatkan OPD lainnya agar secepatnya menyusun proposal kegiatan terkait APBD Perubahan. Sebab, pembahasan APBD perubahan tinggal beberapa bulan lagi.

Pada kesempatan itu, Wawako tak lupa mengajak masyarakat Kota Madani julukan Kota Pekanbaru agar bersinergi dengan Pemko Pekanbaru dalam membangun Kota Pekanbaru. Dengan demikian, ungkapnya, hasil pembangunan bisa dinikmati seluruh lapisan amsyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Kota Pekanbaru, M. Noer MBS ketika diminta komentarnya terkait HUT Kota Pekanbaru ke-235, mengatakan, dalam HUT tahun ini banyak melibatkan warga kota. Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak tanggal 16 Juni dan akan berakhir puncaknya pada Minggu, 30 Juni 2019 mendatang.

Seperti pada Senin, 16 Juni 2019 lalu digelar jalan sehat bersama Walikota Pekanbaru di Kecamatan Tampan. Kamis, 20 Juni 2019, Walikota Pekanbaru mengajak masyarakat membersihkan Sungai Siak dan pembagian bibit pohon secara gratis.

Selanjutnya pada Minggu, 23 Juni 2019 pagi, ungkap M. Noer, Walikota Pekanbaru yang diwakili Wakil Walikota, Ayat Cahyadi dan sejumlah pejabat Pemko melakukan ziarah ke makam pendiri Kota Pekanbaru di Masjid Raya Senapelan. Setelah itu pada pukul 09.00 WIB, mengikuti sidang Paripurna Istimewa di DPRD Kota Pekanbaru. Siangnya dilajutkan dengan kejuaraan Dragon Boat.

Kemudian untuk acara puncak, Minggu pagi, 30 Juni 2019, Pemko Pekanbaru akan mengadakan Pekanbaru Run 235, yaitu lomba lari jarak 2 Km, 3 Km, dan 5 Km yang terbuka untuk umum.

Sebagaimana rilis yang diterima ridarnews.com, Ketua Panitia HUT Kota Pekanbaru ke 235, Zulhelmi Arifin mengatakan, acara puncak HUT Kota Pekanbaru ke 235 akan dipusatkan di Ruang Taman Hijau (RTH) Tunjuk Ajar Integritas Jalan Ahmad Yani (Tugu Anti Korupsi) dengan acara festival kuliner.

"Disana akan digelar festival kuliner yang mengusung tema "Taman Kopi" pada malam hari," ujarnya.

"Acara puncaknya jatuh hari Minggu, 30 Juni 2019, dimana Minggu pagi kita akan mengadakan Pekanbaru Run 235, yaitu lomba lari jarak 2 Km, 3 Km, dan 5 Km," kata lelaki akrab disapa bang Ami.

Terkait pembiayaan acara memperingati HUT Kota Pekanbaru ini, menurut mantan Camat Rumbai, tidak menggunakan anggaran APBD Pekanbaru. Seluruh biaya dikumpulkan dari sumbangan dan partisipasi perusahaan-perusahaan daerah.

"Tidak menggunakan APBD Kota Pekanbaru, ini (biaya) murni partisipasi perusahaan yang ada di Kota Pekanbaru," pungkasnya. (rima)

BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 17 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Minggu, 8 September 2019

HUKRIM
Sabtu, 14 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Rabu, 11 September 2019