Rabu, 17 Juli 2019

Plang pelebaran jalan Simpang Batang

dumai | Rabu, 26 Juni 2019 | Dibaca: 59
Jembatan Mamugo Dibangun, Kontraktor Alihkan Pengguna Jalan Lewat Simpang Bangko

DUMAI, RIDARNEWS.COM - Proyek Preservasi dan pelebaran Jalan Simpang Batang menuju Dumai oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) – II, Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR)menjadi sorotan publik. Sebab, selain pengerjaanya lelet, kontraktor juga tidak membangun jembatan alternatif untuk pengguna jalan selama jembatan Mamugo belum selesai.

Awalnya, jembatan Mamugo sepanjang 5 meter yang ikut diperbaiki, itu dibangun diatas tanah bergambut dan tidak berair. Mestinya kontraktor membangun jembatan darurat sebagai jalan alternatif namun hal itu tidak dilakukan oleh kontraktor.

Tetapi, justru mengalihkan jalan ke Simpang Bangko. Akibat pengalihan ini, para pengguna jalan lintas dari dan menuju Simpang Batang – Dumai harus memutar sejauh 60 km, sedangkan jarak antara Simpang Batang melalui Mamugo sekitar 36 km atau selisih jarak tempuh sekitar 24 km.

Proyek preservasi dan pelebaran jalan Nasional tersebut bersumber dari dana SBSN Tahun Anggaran 2018-2019 Nomor kontrak: HK.02.03/Bb2-WIL-I.R/02 tanggal 06 Juli 2018, waktu pelaksana 540 hari, dengan masa perawatan 365 hari.

Kontraktor pelaksanan kegiatan PT. Angkasapuri, PT. Byan Cahaya Perkasa dan PT. Chandra Cipta Sarana (KSO) dengan nilai kontrak sebesar Rp.129.583.985.000.

Dalam kegiatan pelaksanaan proyek tersebut diduga adanya manipulasi material, sehingga dikhawatirkan banyak pihak bahwa proyek preservasi dan pelebaran jalan dengan biaya mahal itu kulitasnya diragukan.

Ahmad mengaku warga Bukit Timah ketika ditemui dilokasi proyek mengatakan hingga saat ini kegiatan proyek preservasi dan pelebaran jalan Simpang Batang menuju batas kota Dumai masih berlangsung.

Ahmad berharap agar kontraktor yang melakukan kegiatan pekerjaan pservasi dan pelebaran jalan Simpang Batang menuju Bukit Timah Dumai sesuai dengan bestek/kontrak, sehingga para pengguna bahu jalan tersebut terhindar dari kecelakaan.
 
Pantauan dilapangan dan keterangan yang dihimpun dilokasi proyek tersebut menyebutkan, bahwa pelebaran jalan Desa Mamugo menuju Bukit Timah Dumai Kontraktor melakukan penimbunan pada bahu jalan, menggunakan material tanah timbun bercampur sirtu, lebar bahu jalan yang dilebarkan tersebut diperkirakan sekitar 125 cm, terindikasi pelebaran bahu jalan tersebut tidak padat.

Selain itu adanya kegiatan perbaikan jalan. Lokasi Bukit Timah Dumai sekitar 300 meter, dengan konstruksi beton bertulang. Kemudian adanya perbaikan jembatan Mamugo sepanjang 5 meter, akibat dari kegiatan perbaikan jembatan tersebut oleh kontraktor ditutup semua jenis kenderaan menuju dan dari Simpang Batang Rokan Hilir menuju Dumai ditutup dan dialihkan melalui Simpang Bangko Bengkalis. (PUR)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Rabu, 10 Juli 2019
Selasa, 2 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Senin, 1 Juli 2019
Minggu, 30 Juli 2019

HUKRIM
Selasa, 16 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Sabtu, 13 Juli 2019
Kamis, 11 Juli 2019