Rabu, 18 September 2019

Kerusakan ruas Jalan Cipta Karya, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, sangat memprihatinkan.

pekanbaru | Sabtu, 6 Juli 2019 | Dibaca: 165
Kerusakan Jalan Cipta Karya. Ini Kata Kadis PU-PR Pekanbaru

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Kerusakan ruas Jalan Cipta Karya, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, sangat memprihatinkan.

Saat ini lobang menganga dimana-mana. Kondisi ini sangat membahayakan para pengguna jalan. Apalagi disaat musim hujan para pengguna jalan sudah tak tahu lagi mana, jalan mana lobang, karena lobang-lobang tersebut seperti 'kubangan kerbau' sudah tak nampak karena rata dengan air.

Namun, sejauh ini Dinas PUPR seperti kurang peduli dengan ruas jalan tersebut. Karena sudah bertahun-tahun rusak belum ada perbaikan atau pemeliharaan permanen. Sementara anggaran pemeliharaan jalan dalam Kota Pekanbaru sudah dianggarkan puluhan miliar rupiah.

Terkait kerusakan ruas jalan Cipta Karya tersebut, Kepala Dinas PU-PR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu mengatakan, akan memperbaiki kerusakan jalan tersebut tahun depan.

Indra mengaku sudah meninjau kondisi jalan tersebut dan sudah mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki. Selain memperbaiki ruas jalan, ungkapnya, mengeruk drainase juga harus dilakukan.

Terkait tidak lancarnya arus di drainase, Indra melalui pesan singkat yang disampaikan pada awak media, justru menyalahkan warga yang menutup drainase. Akibatnya, drainase sulit dibersihkan.

Menurut Indra perbaikan jalan selalu dilakukan Dinas PU-PR untuk sementara melalui tambal sulam. Sedangkan untuk jangka panjang 2020 diusulkan ke Bankeu Provinsi Riau untuk overlead, dan perbaikan drainase kiri kanan jalan.

Pantauan dilapangan, terdapat 20 han titik kerusakan badan jalan Cipta Karya meski ada perbaikan dikerjakan secara manual oleh masyarakat dengan melakukan semenisasi, diperkirakan sepanjang 30 sampai dengan 40 meter, namun semenisasi yang dikerjakan warga secara gotong royong tersebut tidak bertahan lama pada saat hujan, semenisasi tersebut rusak kembali.

Padahal biaya perawatan yang digelontorkan Pemko Pekanbaru ke Dinas PU-PR Pekanbaru diperkirakan puluhan miliar, setiap tahun dianggarkan melalui APBD Pekanbaru. Namun, perawatan jalan Cipta Karya belum pernah dilakukan oleh Dinas PU-PR mestinya perawatan jalan dalam kota Pekanbaru dilakukan setiap tahun, dengan swakelola, karena anggaran perawatan jalan setiap tahun digelontorkan. (pur)

BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 17 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Minggu, 8 September 2019

HUKRIM
Sabtu, 14 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Rabu, 11 September 2019