Minggu, 18 Agustus 2019

Personel Polsek Tambang, para Babinsa dan Manggala Agni melakukan upaya pendinginan dengan menyiram lahan yang baru terbakar dengan air, Jum'at, 12 Juli 2019.

kampar | Jumat, 12 Juli 2019 | Dibaca: 145
Polri, TNI dan Manggala Agni Lakukan Upacara Pendinginan

TAMBANG, RIDARNEWS.COM - Pasca kebakaran lahan yang terjadi di Dusun I desa Parit Baru, Personel Polsek Tambang, para Babinsa dan Manggala Agni melakukan upaya pendinginan dengan menyiram lahan yang baru terbakar dengan air, Jum'at, 12 Juli 2019.

Hadir Bhabinkamtibmas Desa Rimbo Panjang Brigadir Jepril dan Bhabinkamtibmas Desa Parit Baru Brigadir Heri, selain itu juga hadir Babinsa Desa Rimbo Panjang dan 8 orang Anggota Tim Manggala Agni.

Upaya pendinginan ini dilakukan mengingat lahan yang terbakar merupakan lahan gambut. "Jika ini tidak dilakukan penyiraman secara tuntas dikuatirkan sisa bara api yang berada dibawah permukaan tanah dapat menyala kembali," kata Bhabinkamtibmas Desa Rimbo Panjang.

Para petugas bahu-membahu melakukan penyiraman dengan menggunakan mesin Robin pada lahan seluas sekitar 1,5 hektar ini, kondisi terakhir bekas lahan yang terbakar ini sudah tidak ada lagi titik api maupun yang mengeluarkan asap.

Kapolsek Tambang Iptu Jurfredi SH saat dikonfirmasi membenarkan kegiatan pendinginan bekas lahan yang terbakar ini. Dirinya memerintahkan anggotanya bersama Tim Manggala Agni untuk memastikan keadaan lahan ini agar benar-benar tuntas proses pemadamannya.

Saat ditanyakan tentang terduga pelaku pembakaran lahan yang kemarin diamankan petugas, disampaikan Jurfredi bahwa pelaku MH alias HS (22) warga Dusun I Desa Parit Baru Kecamatan Tambang telah ditetapkan sebagai tersangka dan tengah menjalani pemeriksaan terkait perbuatannya itu.

Pada kesempatan ini Iptu Jurfredi kembali mengimbau masyarakat agar tidak membersihkan lahan dengan cara membakar, karena selain membahayakan dan merugikan orang lain perbuatan ini juga diancam dengan hukuman pidana bagi pelakunya. "Semoga hal ini menjadi pembelajaran bagi yang lain untuk tidak melakukan hal sama, jelasnya. (RLS)



BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Senin, 5 Agustus 2019
Sabtu, 3 Agustus 2019
Jum'at, 2 Agustus 2019
Kamis, 1 Agustus 2019
Rabu, 24 Juli 2019

HUKRIM
Jumat, 16 Agustus 2019
Rabu, 14 Agustus 2019
Rabu, 14 Agustus 2019
Selasa, 13 Agustus 2019
Selasa, 13 Agustus 2019