Rabu, 18 September 2019

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto, SIK, SH, MH memimpin konferensi pers pengungkapan dan penangkapan pelaku 14 tempat kejadian perkara (TKP).

Hukum | Senin, 29 Juli 2019 | Dibaca: 172
Polresta Ringkus Spesialis Supermarket, 1 Pelaku Miliki Softgun

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto, SIK, SH, MH memimpin konferensi pers pengungkapan dan penangkapan pelaku 14 tempat kejadian perkara (TKP). Konpres digelar di lobby Mapolresta Pekanbaru, Jalan Jend Ahmad Yani, Senin, 29 Juli 2019.

Turut mendampingi Kabag Ops Kompol Angga H SIK, Kapolsek Sukajadi Kompol Zulfa, Kasat Reskrim Akp Awaluddin SIK, Kapolsek Tampan AKP Juper Toruan SIK dan Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Budhia Dianda.

Dalam konferensi pers, Kapolresta menjelaskan Senin, 24 Juni 2019 sekira 06.30 WIB, pelapor Rian Syahputra kelahiran tahun 1995 tinggal di Jalan Nenas Kelurahan Jadirejo, Kecamatan Sukajadi berada ditempat kos, mendapat telepon dari rekan kerjanya, Santi yang mengatakan pintu Toko Indomaret Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 189 Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, sudah terbuka.

"Begitu mendapat telp dari Santi, kemudian Rian langsung menuju ke Indomaret tempat mereka bekerja dan terkejut melihat barang-barang sudah berserakan dilantai," jelas Kapolresta.

Tidak pikir panjang, kemudian Rian memeriksa barang lain didalam toko. Ternyata stok rokok berbagai merk lesap dan diperkirakan kerugian materi mencapai Rp 20.900.000. Atas kejadian tersebut, Rian langsung melaporkan ke Polsek Sukajadi.

Atas laporan tersebut Sabtu, 27 Juli 2019 sekira pukul 03.00 WIB, Tim Opsnal Reskrim Sukajadi langsung melakukan penyelidikan terhadap pelaku dan sekira pukul 03.30 WIB didapatkan informasi dari masyarakat bahwa pelaku berada di Hotel Amaris Jalan KH. Wahid Hasyim.

Selanjutnya Panit II Reskrim Sukajadi Aipda Ricky Yakob melaporkan informasi tersebut kepada Kanit Reskrim Polsek Sukajadi Iptu Abdul Halim, SE dan laporan diterima Kapolsek Sukajadi Kompol Zulfa Renaldo, SIK, M.Si.

Bertolak dari informasi masyarakat tersebut Kapolsek Sukajadi Kompol Zulfa Renaldo, SIK, M.Si memerintahkan Tim Opsnal Sukajadi dipimpin Kanit Reskrim Iptu Abdul Halim untuk melakukan penggrebekan dan penangkapan Pelaku di Hotel Amaris Jalan KH. Wahid Hasyim tersebut.

Saat Tim Opsnal Reskrim Polsek Sukajadi hendak melakukan penggrebekan di Hotel Amaris, kemudian Kanit Reskrim Polsek Tampan Iptu Koko SH yang juga mendapatkan informasi yang sama terhadap TO pelaku Curat ini bergabung dengan Tim Opsnal Reskrim Polsek Sukajadi untuk melakukan penggrebekan pelaku secara bersama-sama.

Tim Opsnal Reskrim Sukajadi dan Tim Opsnal Reskrim Tampan melakukan penangkapan Adek di Lobi Hotel Amaris. Selanjutnya Tim Opsnal Reskrim Polsek Sukajadi dan Tim Opsnal Tampan melakukan penggrebekan dan penangkapan sdra. Zulven Als Ipen dan Yul Syqhrizal Als Godok di Kamar 101 Hotel Amaris.

Pada saat melakukan penggrebekan Yus Syahrizal dan Zulven di dalam kamar 101 Hotel Amaris, Zulven melakukan perlawanan dengan mencoba mengambil Senjata Air Softgun nya dibawah bantal, atas kesigapan personil yang melakukan penggrebekan langsung melakukan tindakan yang terukur terhadap pelaku Zulven.

Pada saat penggrebekan ketiga pelaku di hotel tersebut ditemukan 2 pucuk Airsoftgun, 1 buah Helm, 1 unit sepeda motor merek Scoopy warna biru, 1 unit sepeda motor merek Honda Beat warna hitam, 1 unit sepeda motor merek Honda Beat warna hitam pink, 1 buah tas berisi 1 buah kunci T tangkai warna hijau, 1 buah Tang, 1 buah kunci Pas.

Tim Opsnal Reskrim Sukajadi dan Tim Opsnal Reskrim Tampan melakukan pengembangan ke rumah Zulven ditemukan 1 buah Gunting Besi, 1 buah Topi warna cokelat dan 1 buah celana jeans warna dongker. Selanjutnya Ketiga Pelaku beserta Barang Bukti dibawa ke Polsek Sukajadi.

Kemudian Pelaku atas nama Adek beserta barang bukti 1 pucuk Air soft gun, 1 unit Sepeda motor merek Beat warna Pink hitam, baju dan celana jeans dibawa oleh Tim Opsnal Polsek Tampan ke Polsek Tampan, sehubungan dengan adanya Laporan Polisi di Polsek Tampan.

Pasal yang disangkakan terhadap ketiga pelaku adalah Pasal 365 KUHP dengan ancaman kurungan 7 tahun penjara.

Adapun TKP Curat tersebut diantaranya Indomaret Jalan KH. Ahmad Dahlan wilkum Sukajadi, Indomaret Jalan Melati samping Ibnu Sina wilkum Sukajadi, Indomaret Jalan Bukit Barisan wilkum Tenayan Raya, Alfamart Jalan Satria wilkum Tenayan Raya, Alfamart Jalan Harapan Raya depan Jalan Pesantren wilkum Tenayan Raya. Indomaret Jalan Kesehatan wilkum Senapelan, Indomaret Jalan S M Amin wilkum Polsek Tampan dan satu kasus berada diluar wilayah hukum Polresta Pekanbaru yaitu Alfamart Jalan Raya Pekanbaru Minas wilkum Polres Siak.

"Terungkapnya kasus curat ini merupakan kasus yang cukup menarik di wilayah Hukum Polresta Pekanbaru," kata Kapolresta.

Pengungkapan Kasus ini adalah hasil penyelidikan yang cukup panjang antara Sat Reskrim Polresta Pekanbaru dengan Polsek Sukajadi dan Polsek Tampan setelah beberapa kali kejadian pembongkaran supermarket yaitu 14 TKP Curat supermarket khususnya Indomaret dan Alfamart.

"Modus Operandinya adalah dengan memotong/merusak kunci dan rantai untuk membuka pintu toko dan selain itu juga dengan mengancam karyawan dengan Air Shofgun dalam melaksanakan aksinya," tambah Kapolresta.

"Keberhasilan ini juga adalah partisipasi masyarakat dalam memberikan informasi terhadap pelaku tindak pidana yang kita lakukan penyelidikan dan pengungkapan," tutup Kapolresta.  (rls)

BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Selasa, 17 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Minggu, 8 September 2019

HUKRIM
Sabtu, 14 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Jumat, 13 September 2019
Rabu, 11 September 2019