Selasa, 15 Oktober 2019

adv | Minggu, 11 Agustus 2019 | Dibaca: 198
Bersama Warga, Wabup Meranti Gelar Sholat Idul Adha di Darul Ulum

MERANTI, RIDARNEWS.COM - Ribuan ummat muslim Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Merantk memadati Masjid Darul Ulum, Minggu (11/8/2019) pagi. Mereka sudah berdatangan sejak pukul 05.00 WIB pagi untuk menunaikan ibadah shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 Hijriyah.

Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kepulauan Meranti Said Hasyim, tampak hadir pada suasana pagi yang khidmat itu. Ada juga beberapa pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Meranti yang menemani wabup.

Dalam sambutannya Said Hasyim menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah. Ia berharap agar hari raya Idul Adha ini bisa menjadi momentum untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah menyalurkan hewan qurbannya di Masjid Agung Darul Ulum Kota Selatpanjang. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Said Hasyim menegaskan bahwa Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah ini merupakan sebuah momentum untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang ikhlas menjalankan perintah Allah SWT untuk mengorbankan dan menyembelih putranya Nabi Ismail AS.

“Sungguh sebuah keimanan yang luar biasa. Oleh karena itu hari raya qurban ini bukanlah sebuah proses ritual semata tetapi juga menyampaikan pesan keagamaan yang menunjukkan ketaqwaan dan meneladani keikhlasan dari Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS,” jelas Said.

Peristiwa qurban yang setiap tahun dirayakan umat Islam di seluruh penjuru dunia, seharusnya tak lagi dimaknai sebatas ritual. Akan tetapi juga diletakkan dalam konteks peneguhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilan.

Idul Adha juga bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan, peristiwa yang harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama yang menunjukkan ketakwaan, keikhlasan dan kepasrahan seorang Ibrahim pada Allah SWT sang pencipta.

“Dalam kisahnya terdapat hikmah dan pelajaran yang dapat diambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari,” ungkapnya.

Ia juga mengajak para jamaah Shalat Idul Adha untuk bersama-sama mendoakan para jamaah haji yang sedang berada di tanah suci. Semoga mereka selamat sampai di tanah air dengan haji yang mabrur.

“Semoga jamaah haji Kabupaten Kepulauan Meranti senantiasa diberikan kelancaran dan kesehatan serta kembali ketanah air dalam keadaan sehat wal afiat dengan menyandang predikat haji yang mabrur,” pungkasnya.

Sementara itu, pengurus Masjid Darul Ulum Ustadz Ahmad Fauzi menyampaikan beberapa hal tentang perayaan hari raya Idul Adha. Dalam pidato pembukaannya, ia mengatakan bahwa hari ini adalah hari kemenangan buat kita semua.

"Kita disini untuk bermunajat kepada Allah SWT pada hari kemenangan. Dengan hati yang suci dan ikhlas, kita memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah kita perbuat," ujar Ustadz Ahmad Fauzi.

Ia mengimbau, kepada seluruh jamaah Sholat ldul Adha mengambil berbagai hikmah dari perayaan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban ini. Diantaranya tumbuh suburkan semangat pengorbanan, kebersamaan, persaudaraan dan kesederhanaan dalam kehidupan kita sehari-hari.

"Jaga kerukunan hidup antar umat beragama dan umat se-agama, selalu menjaga ketertiban umum, selalu menjaga persatuan dan kesatuan agar terciptanya kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang rukun, aman, nyaman, damai dan tentram,” tambahnya.

Selanjutnya, perayaan Idul Adha kali ini hampir bersamaan dengan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, untuk itu ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut memeriahkan dan mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat yang dapat memperkuat menimbulkan rasa cinta tanah air sehingga terciptalah generasi penerus yang berintegritas, kreatif, dan berfikir positif. (Adv)

BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Kamis, 10 Oktober 2019
Rabu, 2 Oktober 2019
Rabu, 2 Oktober 2019
Selasa, 1 Oktober 2019
Senin, 23 September 2019

HUKRIM
Senin, 14 Oktober 2019
Senin, 14 Oktober 2019
Senin, 14 Oktober 2019
Minggu, 13 Oktober 2019
Jumat, 11 Oktober 2019