Selasa, 15 Oktober 2019

Rektor UIR Syafrinaldi memberi sambutan di penyerahan bantuan pendidikan UPZ.

pendidikan | Minggu, 6 Oktober 2019 | Dibaca: 48
UPZ UIR Salurkan Dana Zakat untuk 40 Mahasiswa Kurang Mampu

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Unit Pengumpul Zakat Universitas Islam Riau (UPZ UIR) terus menyalurkan dana zakat, infak dan sadaqah dari Civitas Akademika UIR kepada mahasiswa kurang mampu.

Periode Oktober 2019 dana yang disalurkan diberikan kepada 40 muzakki di sembilan fakultas. Jumlah ini mengalami kenaikan dari penerima Periode I dan II. Pada Periode II Maret 2019 dana diserahkan kepada 33 mahasiswa, dan 28 mahasiswa pada periode I di bulan Oktober 2018.

Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL mengaku bangga atas kinerja UPZ apalagi jumlah muzakkinya sekarang mencapai 147 orang. Atau naik 400 persen lebih dibanding Periode II yang berjumlah 66 orang. Meski demikian bila dibandingkan dengan total dosen dan pegawai universitas jumlah 147 orang masih terbilang kecil. Ia tak bosan mengajak semua civitas akademika mari mendaftar menjadi muzakki. Segeralah mengisi formulir di UPZ.

''Kami selalu mensupport kegiatan UPZ dan mendoakan para muzakki semoga terus diberi kelapangan rezki. Bagi yang belum saya himbau segeralah tunaikan zakat, infak dan sadaqah lewat UPZ. Kalau bukan kita siapa lagi,'' tegas Rektor Syafrinaldi sebelum menyerahkan bantuan pendidikan kepada 40 mahasiswa di Gedung Rektorat UIR Pekanbaru, Sabtu jelang sore (05/10 2015).

Rektor berterima kasih kepada Bank Syariah Mandiri yang setiap periode terus memberi bantuan kepada mahasiswa UIR melalui UPZ. Pada periode ini BSM membantu Rp 25 juta sama dengan Periode II. Diharapkan, periode keempat nilai bantuan jauh lebih besar lagi sehingga penerima bantuan pendidikan dapat meluas.

''Saya bangga BSM tumbuh dan berkembang dengan baik. Total asset bank ini sekarang sudah diatas Rp 1 triliun dengan perolehan laba mencapai Rp 800 miliar. Sangat terbuka peluang bagi UPZ UIR memperoleh bantuan lebih besar lagi di periode berikutnya dari BSM,'' ujar Rektor.

Kepada mahasiswa, Rektor berpesan, supaya mensyukuri nikmat bantuan. Jangan lupa dana UPZ berasal dari dosen dan pegawai serta mitra kerja UIR. Tolong mereka didoakan agar selalu diberi kesehatan dan kemurahan reski. Terpenting lagi, tambah Rektor, kuliahlah dengan baik, selesai tepat waktu dan jaga nama YLPI serta UIR. ''Jangan membuat onar apalagi sampai merusak nama baik Universitas Islam Riau,'' tandas Syafrinaldi.

Pimpinan BSM Pekanbaru Andi Oky SE MM juga mengapresiasi terus bertambahnya muzakki UPZ UIR yang sekarang mencapai 147 orang.

Diakui, Universitas Islam Riau sebagai mitra kerja BSM turut memiliki andil mengantarkan BSM menjadi bank yang tumbuh dan berkembang.

Dana CSR yang dimiliki BSM dan diantaranya disalurkan ke UIR, menurut Andi, juga ikut mendorong banyak mitra kerja mendoakan BSM menjadi bank sehat.

''Termasuk doa adik-adik mahasiswa serta mitra kerja lainnya. BSM saat ini telah memiliki asset Rp 1,1 triliun dan pada September lalu berhasil meraup laba hingga mencapai Rp 800 miliar,'' tukas Andi.

Menurut Ketua UPZ UIR Dr H Zulkifly Rusbi, meningkatnya pendistribusian beasiswa tahun ini karena jumlah dosen dan pegawai yang berzakat lebih banyak dibanding Periode II.

“Saya percaya jika semua dosen dan pegawai menzakatkan gaji mereka setiap bulan potensi dana yang terhimpun oleh UPZ akan jauh lebih besar. Alhamdulillah sejak dibentuk awal tahun 2018, UPZ sudah mendistribusikan uang zakat ke mahasiswa dalam tiga kali. Tahun depan, insha Allah pendistribusian dana kita upayakan meningkat dari tahun ini,” kata Zulkifli.

Penyerahan bantuan pendidikan dari UPZ ini turut dihadiri Ketua Dewan Pembina YLPI Drs H Mukni, Wakil Ketua II YLPI Drs H Rustam Effendi MA, Wakil Rektor III Rosyadi, Kepala BAUP Zakir Has, Ketua dan Sekretaris LDIK Zulhelmy Hatta dan Anton Afrizal Candra, Kepala LPM Agusnimar, Wakil Dekan III Faperta Faturrahman, Wakil Dekan I FAI Miftah, Wakil Dekan III FAI Hamzah, Wakil Dekan III Fisipol Kasmanto Rinaldi, Kepala BAAK Akmar Efendi dan Wakil Dekan III Fikom Eko Hero.* (rls)

BERITA PILIHAN
Artikel Populer
NASIONAL
Kamis, 10 Oktober 2019
Rabu, 2 Oktober 2019
Rabu, 2 Oktober 2019
Selasa, 1 Oktober 2019
Senin, 23 September 2019

HUKRIM
Senin, 14 Oktober 2019
Senin, 14 Oktober 2019
Senin, 14 Oktober 2019
Minggu, 13 Oktober 2019
Jumat, 11 Oktober 2019