Untitled Document

Kegigihan Menteri LHK Selamatkan Gambat di Riau
Editor: red : Penulis rilis
Sabtu, 23 Desember 2017
Kegigihan Menteri LHK Selamatkan Gambat di Riau

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Kemenangan yag diraih Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas gugatan Tata Usaha Negara yang dilakukan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, Jumat, 22 Desember 2017.

Gugatan ini terkait dengan keberatan RAPP mengenai SK No. 5322/Men-LHK-PHPL/UPH/HPL.1/10/2017 yang dikeluarkan KLHK pada 16 Oktober 2017 silam tentang Pembatalan Rencana Kerja Usaha (RKU) periode 2010-2019. SK ini yang membuat PT RAPP berang sebab tak bisa melaksanakan kegiatan operasionalnya dilahan gambut.

Sidang yang dilaksanakan di PTUN Jakarta sejak 16 November lalu ini mendapatkan buah manis dalam putusannya, yang mana kemarin pada Kamis, 21 Desember 2017, Pengadilan Tata Usaha Negara melalui hakim yang dipimpin oleh Oenan Pratiwi menegaskan bahwa permohonan PT. RAPP tidak dapat diterima. Putusan tersebut disambut gembira oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta 6 juta masyarakat Riau sebagai preseden yang baik dalam perlindungan gambut.

Bertepatan dengan hari Ibu, Walhi Riau mengapresiasi perjuangan KLHK khususnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya yang dalam perjalanannya memberikan perlindungan terhadap nafkah hidup rakyat dan ekosistem gambut Riau. Sebagai bentuk apresiasi, hari ini WALHI Riau bersama perwakilan masyarakat menghadiahi Menteri Lingkungan Hidup tersebut dengan produk-produk lokal yang dihasilkan oleh masyarakat di lahan gambut.

Prosesi penyerahan hasil pengolahan dari alam gambut Riau ini berlangsung di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Riau yang dihadiri oleh Mahfud selaku Kepala BKSDA serta Amral Fery selaku Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sumatera mewakili KLHK.

Abdul Manan, perwakilan masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Kepulauan Meranti mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Ibu Siti Nurbaya yang turut hadir pada tahun 2015 lalu bersama Presiden Joko Widodo guna melihat bagaimana buruknya tata kelola yang dilakukan korporasi skala besar dilahan gambut yang mengakibatkan kebakaran hebat di Kabupaten Meranti.

“Kami khususnya masyarakat Meranti telah membuktikan kepada pemerintah dan daerah lainnya bahwa pengelolaan yang didasarkan pada kearifan lokal secara tidak langsung selain menjadi nafkah hidup kami, juga turut memberikan perlindungan terhadap ekosistem gambut. Berbagai produk olahan sagu dan tanaman asli gambut ini menjadi bukti kemandirian kami paska diberikannya akses kelola berupa Hutan Desa” ujarnya.

Kepala P3E Sumatera, Amral Fery berterima kasih sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan kepada KLHK dan Ibu Menteri dalam melaksanakan kerja-kerja penyelamatan lingkungan hidup di Indonesia pada umumnya dan di Riau khususnya.

“Kemenangan KLHK atas gugatan RAPP kemarin merupakan cerminan proses dan prosedur hukum yang baik dan benar. Ini hanya kemenangan kecil, KLHK bersama Ibu Menteri masih memiliki banyak PR lainnya terkait penyelamatan lingkungan hidup di Indonesia. Bertepatan Hari Ibu ini, kami juga ingin mengucapkan selamat kepada seluruh ibu di Riau yang turut serta dalam perlindungan ekosistem gambut Riau” ujarnya.

Riko Kurniawan, Direktur Eksekutif WALHI Riau menegaskan bahwa semangat penyelamatan gambut yang dilakukan oleh KLHK dibawah kepemimpinan Ibu Siti Nurbaya ini bukan hanya memberikan perlindungan lingkungan hidup khususnya gambut di Riau saja, namun melahirkan semangat-semangat penyelamatan lingkungan hidup di Indonesia dengan tidak lagi mengkedepankan kepentingan investor semata serta menjadi langkah pencegahan terkait bencana ekologi akibat deforestasi dan degradasi yang secara masif terus terjadi.

Masih banyak pekerjaan rumah yang menunggu untuk diselesaikan salah satunya Indragiri Hilir yang harus segera diselesaikan. ”Mewakili masyarakat Riau, kami mengucapkan selamat Hari Ibu kepada Ibu Siti Nurbaya dan selamat atas kemenangan KLHK kemarin. Produk hasil pengelolaan lahan gambut ini kami hadiahkan, selain meyakinkan pemerintah bahwa pandangan terkait ketidakmampuan masyarakat dalam mengelola dan menjaga ekosistem gambut adalah sebuah kekliruan dan sebagai simbolis dukungan kepada Ibu Menteri dari enam juta rakyat Riau dalam penyelamatan lingkungan hidup. Selamat Hari Ibu, Bu Siti Nurbaya. Terima kasih telah membuktikan rasa sayangmu kepada Riau” tutupnya. (rils)

 

 

 

 

INDEK TERBARU
lingkungan : Sabtu, 23 Desember 2017

lingkungan : Sabtu, 23 Desember 2017

lingkungan : Sabtu, 23 Desember 2017

lingkungan : Sabtu, 23 Desember 2017

lingkungan : Sabtu, 23 Desember 2017

lingkungan : Sabtu, 23 Desember 2017

lingkungan : Sabtu, 23 Desember 2017

lingkungan : Sabtu, 23 Desember 2017

lingkungan : Sabtu, 23 Desember 2017

lingkungan : Sabtu, 23 Desember 2017

 


Copyright @ 2018 RidarNews.com, All right reserved

Home - Redaksi - Disclaimer - Pedoman Siber - Privacy Policy - Indeks News - Mobile Versi